Periode Kedua Sebagai Rektor, Mujiburrahman Gagas Orientasi Pimpinan di Lingkungan UIN Antasari

UIN Antasari, Banjarmasin – Dalam rangka memberikan panduan ideal tentang jabatan dan tanggung jawab atas jabatan yang diselaraskan dengan tujuan organisasi, UIN Antasari menggelar kegiatan “Orientasi Jabatan Para Pimpinan di Lingkungan UIN Antasari Banjarmasin” bertempat di Aula Zafry Zamzam Rektorat Lantai 3. Kamis (13/01/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, Kamis dan Jumat tanggal 13 s.d. 14 Januari 2022. Dibuka secara resmi oleh Rektor UIN Antasari Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA. dan diikuti oleh para pejabat dilingkungan UIN Antasari Banjarmasin sebagai peserta.

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK), Dr. Akhmad Sagir, M.Ag  sebagai ketua pelaksana dalam laporannya menyampaikan, kegiatan oreintasi ini merupakan gagasan rektor berdasarkan pengalaman selama satu periode jabatan untuk memperbaiki dan meningkatkan koordinasi jabatan yang ada di UIN Antasari.

“Oreintasi ini sangat penting untuk kita perhatikan bersama, garis koordinasi yang jelas masing-masing dari pimpinan, kemudian untuk mengelola dan memberikan arahan kepada bawahan yang lebih efektif dan efisien, oleh kerana itu orentasi jabatan ini sebuah upaya yang terus menerus dari rektor dan kita semua untuk mengisi kekosongan yang mungkin terjadi dalam konteks koordinasi” kata Sagir.

Sagir menjelaskan orentasi jabatat ini mancakup tiga hal yang menjadi dasar pemikiran yaitu: mempertegas alur koordinasi tata kelola UIN Antasari, mempertegas dan merici tugas pokok dan fungsi (job description) masing-masing jabatan dan menselaraskan target dan sasaran sesuai dengan renstra UIN Antasari Banjarmasin.

Adapun rancangan acara yang berlangsung selama dua hari ini, Sagir menjelakan bahwa di hari pertama, akan diisi dengan pemaparan materi oleh rektor terkait tiga dasar pemikiran kegiatan orientasi ini. Kemudian peserta akan dibagi dalam beberapa komisi sesuai jabatan dan tempat masing-masing untuk kemudian melakukan rapat komisi. Di hari kedua setelah semua komisi mendapatkan hasil dari rapat komisi, semua komisi kembali berkumpul untuk melaporkan dan mendisikusikann hasil dari rapat komisi.

“Kita berharap semua, dengan kegiatan ini kita menjadi jelas, koordinasi kita seperti apa, tugas dan fungsi kita seperti apa dan kemudian kita bisa menyelaraskan dengan renstra yang sudah dibuat 2020-2021” Ujarnya.

“Kegiatan ini sangat penting, oleh kerena itu kita support bersama-sama untuk disukseskan dan kemudian dilaksanakan pada waktunya” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor UIN Antasari dalam sambutannya sesaat sebelum membuka secara resmi kegiatan ini berharap dengan kegiatan orientasi ini jajaran pimpinan dilingkungan UIN Antasari mendapatkan pecarahan serta memantapkan niat dalam memangku jabatan sehingga dapat saling bersinergi dan dapat menjalankan amanah dan tanggung jawab dengan baik.