Akademi Keperawatan Pandan Harum Jalin Kerjasama dengan UIN Antasari

Selasa, 27 Maret 2018, Bertempat di kampus Akademi Keperawatan Pandan Harum Banjarmasin, telah terlaksana penandatanganan perjanjian kerjasama antara UIN Antasari Banjarmasin dengan Akademi Keperawatan (Akper) Pandan Harum Banjarmasin tentang pengembangan tri dharma perguruan tinggi dan sumber daya manusia.

Hadir dalam kesempatan tersebut mewakili Rektor UIN Antasari, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Nida Mufidah, M.Pd. Dari pihak Akademi Keperawatan Pandan Harum Banjarmasin hadir Pembina Yayasan Abdi Kalimantan Banjarmasin, Dr. H. Mustatul Anwar, MM.Pd, M.Kes, Ketua Yayasan Abdi Kalimantan Banjarmasin, H. M. Yusuf. AMK, S.Pd, M.I.Kom, Direktur Akper Pandan Harum, Irma Wulandari, M.Kes dan para dosen serta pegawai dilingkungan Akper Pandan Harum.

Tujuan dilaksanakannya kerjasama antara dua belah pihak ini adalah dalam rangka upaya meningkatkan kualitas dan mutu standar pendidikan nasional pada perguruan tinggi.

Dalam sambutannya Ketua Yayasan Abdi Kalimantan Banjarmasin, H. M. Yusuf menyampaikan bahwa Akper Pandan Harum adalah akademi keperawatan paling tua di Banjarmasin dan Kalimantan Selatan. Beliau juga memaparkan maksud terlaksananya perjanjian kerjasama ini. “Kami mengharapkan dengan kerjasama ini, dapat saling membantu meningkatkan mutu pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Kami juga sedang berusaha untuk meningkatkan akreditasi kampus menjadi semakin baik.” paparnya. Selain dengan UIN Antasari, Akper Pandan Harum juga telah melaksanakan 21 kerjasama dengan perguruan tinggi dan instansi lainnya.

Sejalan dengan apa yang diharapkan oleh Akper Pandan Harum, Dr. Nida Mufidah menyambut baik kerjasama ini, “Untuk melihat kualitas perguruan tinggi, akreditasi merupakan suatu tuntutan. Kerjasama merupakan wadah yang tepat untuk saling berkontribusi dalam tridharma perguruan tinggi yaitu kontribusi dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat”.

Kerjasama juga menjadi jembatan untuk saling membantu dalam berbagai hal terutama pada tri dharma perguruan tinggi. Bentuk aksi kerjasama dalam pendidikan misalnya kerjasama dalam pengadaan tes TOEFL, keanggotaan perpustakaan dan referensi buku – buku kesehatan dan keperawatan. Dalam penelitian dan pengabdian masyarakat bentuk kerjasama yang dapat dijalin misalnya KKN bersama, mengadakan seminar tentang lingkungan hidup, penempatan perawat pada poliklinik UIN Antasari, dan lainnya. (rfn/humas)