Jalankan Penyederhanaan Birokrasi, UIN Antasari Lantik 14 Pejabat Fungsional Hasil Penyetaraan

UIN Antasari Banjarmasin, – Rektor UIN Antasari Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA melantik dan mengambil sumpah 14 pejabat Fungsional dan 3 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan UIN Antasari Banjarmasin. Bertempat di Gedung Rektorat lantai 3 Aula Zafry Zamzam, Rabu (17/12/2020) siang.

Proses pelantikan dilakukan secara luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan membatasi undangan yang hadir demi menghindari kerumunan. Hadir sebagai saksi Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan dan Perencanaan Dr. H. Sukarni, M.Ag dan Kepala Biro AUPKK Drs. H. Amal Fathullah, M.Pd.I.

Acara diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, pembacaan petikan keputusan Menteri Agama, pengambilan sumpah jabatan dan penandatanganan berita acara kemudian dilanjutkan sambutan oleh Rektor UIN Antasari.

Rektor UIN Antasari, Mujiburrahman dalam sambutannya menyampaikan bahwa jabatan fungsional ini merupakan kebijakan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang disampaikan saat pelantikan dan ditargetkan pada bulan Juli 2020, namun karena adanya krisis pandemi COVID-19 diundur hingga Desember 2020.

Kemudian pada 6 November 2020 UIN Antasari menerima surat persetujuan dari Kementerian PANRB pengenai pengalihan eselon III dan eselon IV kepada jabatan fungsional disusul surat Menteri Agama RI bahwa keputusan dari Kementerian PANRB itu harus dilaksanakan paling lambat 23 Desember 2020.

Sebagai Rektor, Mujiburrahman menekankan kepada para pejabat fungsional dan PNS yang dilantik bahwa kebijakan pemerintah tentang pengalihan jabatan struktural manjadi jabatan fungsional merupakan keinginan pemerintah dan agar kinerja pegawai terus meningkat.

Dari 14 orang pejabat yang di lantik, 2 orang merupakan Kepala Bagian yang disetarakan dengan jabatan fungsional Ahli Madya dan 12 orang merupakan Kasubag yang disetarakan dengan jabatan fungsional Ahli Muda, di samping pejabat fungsional, Rektor juga melantik dan mengambil sumpah 2 PNS sebagai calon dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari serta melantik Dra. Hj. Fauziah Hayati, M.H.I sebagai Dosen dengan jabatan asisten ahli dalam rumpun/Bidang Ilmu Hukum Islam pada UIN Antasari Banjarmasin, yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Kerjasama, Kelembagaan dan Hubungan Masyarakat pada Biro AAKK UIN Antasari..