GELORA IX Mantapkan Insan Pramuka yang Unggul

Gelar Lomba Pramuka Penegak (Gelora) Ke-IX yang diselenggarakan Dewan Racana Pangeran Antasari – Dewi Saranti Gerakan Pramuka Gugus Depan Banjarmasin 03.167-03.168 UIN Antasari Banjarmasin tanggal 25 – 29 Juli 2018, di Bumi Perkemahan Agro Wisata Tambang Ulang, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut secara resmi dibuka oleh Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan, Drs. H.M. Yusuf Effendi, MAP pada hari Kamis tanggal 26 Juli 2018. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Tanah Laut yang diwakili oleh Ketua Kwartir Cabang Kabupaten Tanah Laut, Syarnadi Abdullah. Wakil Kwartir Daerah Kalimantan Selatan , Bambang Haryanto serta Kwartir dan Pembina Penegak Gugus Depan se-Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Kegiatan yang mengangkat tema ” Bersama Gerakan Pramuka , Melestarikan Budaya, Membumikan Semangat Bela Negara, Untuk Melahirkan Insan Pramuka Yang Unggul Berlandaskan Satya Dan Dharma Pramuka ” diikuti oleh 810 orang peserta yang terdiri atas 40 sangga putra, 40 sangga putri dan bina damping sebanyak 81 orang.

Rektor UIN Antasari Banjarmasin yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Hj. Nida Mufidah, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa Gerakan pramuka memiliki peran yang sangan strategis dalam menyiapkan generasi muda dalam menghadapi era globalisasi. “Gerakan pramuka memiliki peran yang sangat strategis dalam membina manusia dan kemanusiaan. Tentu saja ini bukan tugas yang ringan, ini tugas yang penuh dengan tantangan apalagi dalam era globalisasi dimana nilai-nilai kehidupan masyarakat kita telah berubah dan terus berkembang”.

“Anak-anak muda di gerakan pramuka harus menyiapkan diri untuk menjadi generasi muda Indonesia yang kuat, yang tangguh. Menyiapkan diri menjadi anak muda yang produktif, anak muda yang penuh optimisme, anak muda yang memiliki daya juang yang tinggi, anak muda yang tidak takut bersaing, anak muda yang pantang menyerah. namun, tetap menjadi anak muda yang mencintai sesama, rela menolong, menjaga sopan santun dan budi pekerti” pesan Rektor.

Rektor juga mengajak peserta yang hadir untuk menyebarkan misi Pramauka melalui teknologi informasi dan sosial media. “Gerakan Pramuka juga harus memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dengan baik dan cerdas. Gunakan kemajuan teknologi informasi untuk menyebarkan