Webinar UPKK : Jangan Takut Psikotes!

UIN Antasari, Banjarmasin – Unit Pengembangan Kewirausahaan dan Karier (UPKK) UIN Antasari menggelar webinar pembekalan memasuki dunia kerja dan melanjutkan studi online yang bertajuk “Jangat Takut Psikotes; Strategi Sukses Meraih Karier Gemilang”, Senin (13/09/2021)

Webinar yang dilaksanakan bagi para mahasiwa terutama mahasiswa akhir calon wisudawan/wati dan alumni ini menghadirkan narasumber utama Raudah, Psi., CGA, Psikolog yang seorang praktisi psikologi dalam bidang Industri dan organisasi serta Owner Biro Psikologi Diva HR Consulting yang bergerak dalam bidang psikologi sumber daya manusia.

Webinar ini juga dirangkai dengan Succes Story lanjut study dengan Beasiswa dan Succes Story berkarir dengan menghadirkan Alamsyah, S.Ag., M.Ag alumni Pascasarjana UIN Antasari penerima Beasiswa Yayasan H. Maming 69 2018-2020 dan Anggi Septiyorini, SH alumni UIN Antasari 2021 bekerja di Baznas Provinsi Kalsel,  acara webinar dimoderatori oleh Dr. Taupik Hidayat, M. Kes., Psikolog.

Kepala UPT UPKK UIN Antasari, Raden Yani Gusriani, SE., MM. dalam sambutannya menyampaikan, UPT UPKK mempunyai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) melaksanakan pengembangan kewirausahaan, karier dan profesi civitas akademika UIN Antasari serta layanan Informasi Bursa Kerja bagi Alumni sebagai bentuk pendampingan kepada para alumni selama 3 tahun setelah kelulusan. “Webinar pada hari ini adalah langkah awal untuk pendampingan itu”, ujarnya.

Ia menjelaskan, webinar ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan kenapa sarjana banyak menganggur serta menghadapi banyak problem dalam memasuki dunia kerja. Di antara problem yang dihadapi ialah terkait dengan tema yang di angkat yaitu psikotes. “Banyak di antara kita belum psikotes sudah takut duluan sehingga hasil tidak sesuai harapan padahal kemampuan kita lebih dari itu”, tutur Raden Yani.

“Ikuti webinar ini dengan baik, persiapkan diri sebelum menapaki dunia kerja, dunia kerja penuh dengan drama, sedih, tangis, candaan dan tawa semuanya akan bercampur menjadi satu selama mencari pekerjaan. Persiapkan dirimu sebaik mungkin sebelum menghadapi masa-masa yang penuh drama ini”, pesan Raden Yani kepada para peserta webinar.

Rektor UIN Antasari Prof. Dr. Mujiburrahman, MA. yang membuka secara resmi kegiatan webinar ini menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bagian upaya UIN Antasari dalam membantu mahasiswa dan alumni untuk mendapatkan pekerjaan dan menjalani karier yang baik serta berhasil di masyarakat yang diprogramkan melalui layanan UPKK.

“Saya sangat menyayangkan jika para alumni kurang perhatian dan mengabaikan layanan ini karena saya yakin anda akan membutuhkannya”. kata Mujiburrahman.

Mujiburahman menegaskan bahwa UIN Antasari akan terus meningkatkan layanan baik secara langsung maupun elektronik. Ke depan akan ada pemetaan potensi dari para mahasiswa lebih awal dengan media aplikasi yang sudah dipersiapkan sehingga sejak awal pontensi bakat minat, karakter dan akademik yang dimiliki oleh mahasiswa sudah terpetakan yang dengan itu upaya dalam mengembangkan potensi menjadi lebih maksimal.