UIN Antasari Gandeng Kerja Sama 28 Lembaga

Penandatanganan MoU dengan PAUD Terpadu Riyadhus Sa'adah Banjarbaru (Foto-Humas-Yulida Rifani) - kompres

Penandatanganan MoU UIN Antasari dengan PAUD Terpadu Riyadhus Sa’adah Banjarbaru (Foto:Humas/Yulida Rifani)

BANJARMASIN – Universitas Islam Negeri Antasari terus menggalakkan kerja sama dengan berbagai pihak, yang kali ini menandatangani nota kesepahaman dengan 28 lembaga.

Mereka adalah Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al-Banjari, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Kandangan, dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Husada Banjarbaru,

Di tingkat SMP sederajat ada MTs Negeri 3 Banjarmasin, MTs Negeri 1 Banjar, MTs Siti Mariam Banjarmasin, MTs Kebun Bunga Banjarmasin, MTs Babussalam Banjarmasin, MTs Al-Muddakir Banjarmasin, MTs Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin, SMP Negeri 20 Banjarmasin, SMP Negeri 23 Banjarmasin, SMP Nahdlatul Ulama Banjarmasin, SMP Sekolah Menengah Islam Pertama 1946 Banjarmasin, dan SMP Muhammadiyah 2 Banjarmasin.

Selanjutnya di tingkat SD sederajat ada MI Swasta Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin, dan SD Negeri Kebun Bunga 5 Banjarmasin,

Dan terakhir di tingkat TK sederajat ada PAUD Terpadu Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin, PAUD Terpadu Mutiara Banjarmasin, Kelompok Kerja Raudhatul Athfal Banjarmasin, RA Islam Bakti VI Banjarmasin, TK Negeri Pembina Inti Banjarmasin, TK Kristen Kanaan Banjarmasin, PAUD Terpadu Riyadhus Sa’adah Banjarbaru, PAUD Terpadu Pelita Insani Banjarbaru, TK Negeri Pembina Liang Anggang Banjarbaru, dan TK Baitul Ma’mur Banjarbaru.

Rektor Uniska Prof. Ir. Abd. Malik, S.Pt., M.Si., Ph.D., IPU, ASEAN Eng. mengaku bersyukur telah diajak bekerja sama, apalagi kebersamaan ini sudah menjadi keharusan di era kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka, sekaligus sebagai upaya peningkatan akreditasi.

“Mudah-mudahan kerja sama ini tidak hanya sampai di sini, nanti bisa dilanjutkan dengan kerja sama-kerja sama lain, sama-sama dengan lembaga lain yang ada di Kalimantan Selatan, dalam rangka bagaimana mencerdaskan anak-anak kita di Banua,” tegasnya saat memberikan sambutan, di Aula Zafry Zamzam, Senin (07/11/2022).

Selain dengan perguruan tinggi, kerja sama juga dilangsungkan dengan banyak sekolah, yang nantinya akan berkaitan dengan Praktik Pengalaman Lapangan bagi para mahasiswa.

“Nah ini yang penting adalah bagaimana kita bisa meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan PPL ini. Saya sudah menganjurkan kepada teman-teman di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan untuk membuat semacam aplikasi agar mempermudah bagi kita dan guru dalam memberikan penilaian serta memantau perkembangan,” ungkap Rektor UIN Antasari Prof. Dr. H. Mujiburrahman, M.A. dalam sambutannya.

Rektor pun berkeinginan tidak hanya mahasiswa tarbiyah yang bisa magang, melainkan juga para peserta program khusus ulama yang bisa diberdayakan di sekolah-sekolah, untuk ikut memberikan pembinaan keagamaan kepada peserta didik.

“Yang terakhir, tentu kami berharap dalam perjalanannya ada masukan dan evaluasi terhadap kerja sama yang kita tanda tangani hari ini,” tekan lulusan S-3 Utrecht University Belanda tersebut.

Kebersamaan ini melengkapi jalinan kerja sama yang telah digalakkan UIN Antasari dengan ratusan lembaga, termasuk di tingkat nasional dan internasional, dalam rangka menjalankan tri darma perguruan tinggi, baik di bidang pendidikan, penelitian, maupun pengabdian.

(Fur/Ali)

Penandatanganan MoU dengan Uniska Muhammad Arsyad Al-Banjari (Foto-Humas-Hadi Rustami)
Penandatanganan MoU dengan Uniska Muhammad Arsyad Al-Banjari (Foto:Humas/Hadi Rustami)
Penandatanganan MoU dengan Stikes Borneo Husada Banjarbaru (Foto-Humas-Hadi Rustami)
Penandatanganan MoU dengan Stikes Borneo Husada Banjarbaru (Foto:Humas/Hadi Rustami)
Penandatanganan MoU dengan TK Kristen Kanaan Banjarmasin (Foto-Humas-Yulida Rifani)
Penandatanganan MoU dengan TK Kristen Kanaan Banjarmasin (Foto:Humas/Yulida Rifani)
Penandantanganan Mou dengan TK Negeri Pembina Liang Anggang Banjarbaru (Foto-Humas-Yulida Rifani)
Penandantanganan Mou dengan TK Negeri Pembina Liang Anggang Banjarbaru (Foto:Humas/Yulida Rifani)
Sambutan Rektor Prof. Dr. H. Mujiburrahman, M.A. (Foto-Humas-Hadi Rustami)
Sambutan Rektor Prof. Dr. H. Mujiburrahman, M.A. (Foto:Humas/Hadi Rustami)
Para tamu undangan antusias mendengarkan arahan Rektor UIN Antasari (Foto-Humas-Hadi Rustami)
Para tamu undangan antusias mendengarkan arahan Rektor UIN Antasari (Foto:Humas/Hadi Rustami)
Foto bersama Pimpinan UIN Antasari dengan perwakilan lembaga-lembaga pendidikan di Kalimantan Selatan (Foto-Humas-Yulida Rifani)
Foto bersama Pimpinan UIN Antasari dengan perwakilan lembaga-lembaga pendidikan di Kalimantan Selatan (Foto:Humas/Yulida Rifani)