Tak Hanya Berprestasi di Bidang Akademik, Mahasiswa Manajemen Dakwah Ini Berkali-kali Berhasil Menjuarai Perlombaan Karya Tulis Ilmiah

Mahdi Hidayatulah, mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari Banjarmasin Angkatan 2017 ini merupakan mahasiswa berprestasi bidang Karya Tulis Ilmiah. Lelaki yang akrab disapa Mahdi ini lahir di kota Marabahan 17 Desember 1999.

Pada tahun 2019, Mahdi berhasil meraih penghargaan The Best 2nd paper pada The 4th Borneo Undergraduate Academic Forum (BUAF) tahun 2019 yang digelar di IAIN Samarinda. Selain itu, pada tahun yang sama Mahdi juga berhasil meraih Juara 3 LKTI pada rangkaian acara Chemistry In Action (CIA) yang dilaksanakan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Top finalis LKTIQ UIN Sunan Ampel Surabaya, Top finalis LKTI PGSD dan PG PAUD FKIP ULM Banjarmasin, dan Peserta SMP (Student Mobility Programs) UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2019.

Ia mengungkapkan bahwa mengikuti setiap lomba membutuhkan konsistensi dan kesabaran. Begitu pun dengan lomba karya tulis ilmiah. Prosesnya tidak mudah dan membutuhkan pengorbanan tenaga, waktu, dan pikiran yang tidak sedikit.

Salah satu prestasi yang berkesan untuk Mahdi adalah perlombaan yang diadakan oleh IPB. Menurutnya, perlombaan ini memerlukan persiapan yang sangat panjang yakni 6 bulan. Hal itu juga membuktikan bahwa persiapan mencari ide dan mengesekusi ide memerlukan waktu yang panjang.

Selain prestasi di atas, Mahdi juga berhasil mendapatkan beasiswa Genbi Kalsel 2020. Motivasi Mahdi mendapatkan beasiswa tersebut adalah untuk meringankan beban orang tuanya.

“Jika tidak menemukan ide, cobalah mencari perlombaan dengan deadline yang masih panjang. Misalnya satu bulan atau perlombaan yang rutin diadakan setiap tahun. Setelah menemukan ide, langkah krusial lainnya adalah menemukan tim yang tepat”, jelas Mahdi.