Staf Ahli Wali Kota Banjarbaru dan Presenter TVRI, Latih Para Pegawai UIN Antasari

Staf Ahli Wali Kota Banjarbaru Bidang Hukum dan Politik Dra. Lesa Fahriana, M.M. bersama peserta dalam pelatihan keprotokolan (atas). Rini Muliana Presenter TVRI Stasiun Kalsel saat memberikan pelatihan Master of Ceremony/mc (bawah), Kamis (21/07/2022). Foto Humas/HR

BANJARMASIN Dalam rangka mendalami dan me mahami pentingnya kedudukan protokoler dan pewara (master of ceremony/mc) dalam sebuah kegiatan, sebanyak 76 peserta yang terdiri dari tenaga pendidikan dan kependidikan mengikuti pelatihan yang digelar Subbagian Kerja Sama, Kelembagaan, dan Hubungan Masyarakat Universitas Islam Negeri Antasari, di Auditorum Mastur Zahri Banjarmasin, Rabu (21/07/2020)

“Kegiatan seperti acara resmi/ kenegaraan, pertemuan resmi, kunjungan kerja, audiensi, penerimaan tamu, konferensi, memorandum of understanding, ataupun penjamuan, tidak lepas dari peran protokol dan seorang MC,” ucap Subkoordinator Humas Ali Akbar, S.Ag., M.Pd.I. saat menyampaikan laporan panitia.

Ia menjelaskan, tujuan keprotokolan di antaranya menciptakan ketertiban, memelihara kehormatan diri dan kedudukan lambang negara. Karena itu, UIN Antasari sebagai salah satu lembaga pemerintah, memandang kegiatan ini dirasa perlu dilaksanakan.

“Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu untuk memahami teknik dan etika keprotokolan, memahami teknik implementasi kemampuan komunikasi secara efektif, serta mampu mempersiapkan pelaksanaan kegiatan resmi,” harap lulusan S-2 Pendidikan Islam UIN Antasari tersebut.

Subkoordinator Humas Ali Akbar, S.Ag., M.Pd.I. saat menyampaikan laporan panitia

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kemahasiswaan Dr. Irfan Noor, M.Hum. menyatakan apresiasinya atas terselenggaranya pelatihan ini.

Dirinya juga menyebutkan, bahwa kegiatan ini sekaligus untuk menyahuti UU Nomor 9 Tahun 2010 tentang Keprotokolan yang ditetapkan pemerintah.

Selain itu, pascapandemi, pentingnya keprotokolan ini tidak hanya dalam kegiatan luring, tapi juga daring.

“Kami menginginkan pelatihan keprotokolan ini tidak hanya semata-mata ada di level pengetahuan, tapi kalau bisa sampai kepada praktik,” tegas wakil rektor saat membuka acara.

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kemahasiswaan Dr. Irfan Noor, M.Hum. saat memberikan sambutan dan membuka secara resmi kegiatan pelatihan

Kegiatan ini menghadirkan Staf Ahli Wali Kota Banjarbaru Bidang Hukum dan Politik Dra. Lesa Fahriana, M.M. yang menyampaikan materi tentang keprotokolan, dan Presenter TVRI Stasiun Kalsel Rini Muliana untuk materi pewara. Keduanya merupakan narasumber berkompeten dan berpengalaman dalam bidangnya masing-masing.

(Yad/fur/Ali)