Prodi Sains Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Produksi dan Serahkan Disinfektan

UIN Antasari, Banjarmasin – Program Studi Sains pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Antasari menyerahkan produk cairan disinfektan beserta alat semprot (spray pump) dan hand sanitizer kepada pihak kampus bertempat di Laboratorium Kimia FTK UIN Antasari Banjarmasin, Senin (06/04/2020).

Kegiatan ini merupakan lanjutan program Prodi Sains yang sebelumnya telah mengeluarkan produk hand sanitizer pada 23 Maret 2020. Adapun cairan disinfektan baru diproduksi dan dikembangkan oleh Prodi Sains UIN Antasari.

Suryandari, Ketua Tim progam ini mengatakan bahwa orientasi peyerahan hand sanitizer kali ini dibagikan untuk kalangan Tenaga Kependidikan yang pada kondisi Work From Home (WFH) masih melakukan kegiatan di kampus seperti satpam dan petugas kebersihan. Sebelumnya hand sanitizer telah dibagikan secara kolektif yakni hanya kepada unit-unit di lingkungan Rektorat dan Fakultas.

Sedangkan untuk cairan disinfektan, Suryandari menjelaskan bahwa prodi sains akan memproduksi secara bertahap sesuai kebutuhan. Untuk yang pertama ini, tim telah menyiapakan 240 liter cairan disinfektan. Tim telah menghitung seluruh ruangan di lingkungan UIN Antasari berjumlah kurang lebih 762 ruangan dimana setiap ruangan memerlukan 2 lt disinfektan, artinya akan diproduksi 1.500 lt lebih disinfektan nantinya.

Untuk teknik penyemprotan, Suryadari menyampaikan bahwa tim prodi sains sifatnya adalah menyediakan cairan disinfektan, untuk itu tim prodi sains berharap kepada pihak yang menerima untuk lebih lanjut mengkoordinir perihal teknis penyemprotan disinfektan. Tim prodi sains juga telah menyiapkan alat semprot berkapasitas 10 liter yang mencukupi penyemprotan untuk lima ruangan.

Hand sanitizer dan cairan disinfektan diserahkan secara simbolis kepada Kepala Biro AUPKK Drs. H. Amal Fathullah, M.Pd., Dekan Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Dr. Irfan Noor, M.Hum., Dekan Fakultas Syariah Dr. H. Jalaluddin, M.Hum., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Tarabiyah dan Keguruan, Dr. Khairul Hudaya, M.Ag, Satpam dan Petugas Tata Kelola dan Keindahan di lingkungan UIN Antasari Banjarmasin. (yad/hdr)