Prodi Sains Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Antasari Launching Produk Hand Sanitizer

UIN Antasari, Banjarmasin – Menyadari pentingnya pencegahan pendemik Covid-19 dan menyikapi surat edaran Badan Pengawas Obat dan Dan Makanan (BPOM) tentang pembuatan Hand Sanitizer, Prodi Sains Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Antasari yakni Prodi Pendidikan Fisika, Kimia dan Biologi melakukan launching produk hand sanitizer, bertempat di Laboratorium Kimia FTK UIN Antasari. Senin (23/03/2020).

Hand Sanitizer ini dibuat oleh tim prodi sains yg merupakan kolaborasi prodi pendidikan fisika, kimia dan biologi, adapun sebagai ketua tim adalah Suryandari dan anggota tim Trining Puji Astutik dan Istiqamah. Hand Sanitizer ini beraromakan green tea dan lemon gress dan memiliki kandungan pH yang mendekati pH tangan sehingga lebih lembab, nyaman dan aman untuk kulit sensitif.

“produk ini merupakan perwujudan dedikasi prodi sains untuk turut mendukung pecegahan pandemik covid-19 terlebih ketersediaan hand sanitizer di pasaran sudah langka dan mahal” ungkap Suryandari.

Suryandari menjelaskan bahwa produk hand sanitizer ini dibuat sesuai dengan surat edarakan BPOM tentang Pembuatan Hand Sanitizer dalam upaya mencegah Virus Corona. Komposisi yang digunakan adalah Etanol Ethanol 96 %, Gliserol 98 %, Hidrogen Peroksida 3%, Aquadest dan Esensial Oil yang beraromakan lemon grass dan green tea.

Satu resep pembuatan hand sanitizer dihasilkan 1 liter dan dimasukkan ke dalam botol-botol spray yang lebih kecil yaitu 250 ml, 100 ml dan 50 ml. Untuk sementara produk ini akan dibagikan ke setiap unit-unit kerja, Fakultas dan Pascasarjana, masing-masing memperoleh satu botol ukuran 250 ml.

“Besar harapan kami dalam pencegahan pandemik covid-19 ini mendapat dukungan dari lembaga terkait yakni Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) agar distribusi dan pembuatan hand sanitizer ini bisa menjangkau skala lebih luas baik di dalam maupun di luar UIN Antasari Banjarmasin bahkan sampai produk pengembangan kami yakni cairan disinfektan” Ucap Suryandari.

Sementara itu, Rektor UIN Antasari dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. H. Hamdan M. Pd menyatakan apresiasi kepada Prodi Sains Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) terutama tim prodi sains yang telah berkolaborasi untuk membuat hand sanitizer dalam rangka pencegahan virus Covid-19.

Menurut Hamdan, setelah Covid-19 menjadi pandemik yang mewabah keseluruh dunia, banyak sekali pemikiran-pemikiran kreatif yang melahirkan berbagai produk dan upaya-upaya kreatif dari adanya pademik Covid-19 ini, “ Kami Pimpinan mengucapkan terima kasih banyak atas upaya yang telah dilakukan oleh prodi sains, mudah-mudahan ini adalah langkah awal untuk terobosan-terobosan selanjutnya sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat” kata Hamdan.

Hamdan menegaskan bahwa pimpinan akan mendukung setiap upaya atau program yang berkaitan dengan Covid-19. Selanjutnya Hamdan menghimbau, dalam rangka pencegahan Covid-19 ini dilihat dari berbagai aspek, baik aspek fisik sesuai dengan surat edaran pemerintah terkait protokol pencegahan Covid-19 maupun aspek spritual dengan memperbanyak ibadah, berdoa kepada Allah S.W.T. agar selalur terhindar dari wabah penyakit terutama Covid-19.