Pelaksanaan UM-PTKIN 2020 Digelar Secara Daring, Ini Tanggalnya

Pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang disingkat dengan UM-PTKIN untuk tahun 2020 akan dilaksanakan serentak se-Indonesia secara daring pada 3-7 Agustus 2020.

Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin Kalimantan Selatan yang merupakan salah satu kampus yang menjadi lokasi tes secara daring untuk tahun ini menyatakan tidak menyediakan perangkat teknologi informasi kepada peserta ujian.

Demikian dikatakan Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. H. Hamdan, M.Pd, Jum’at (24/7/2020).

Pelaksanaan UM-PTKIN Tahun 2020 dilaksanakan secara daring melalui Sistem Seleksi Elektronik (SSE) Online sesuai dengan Surat Edaran yang disampaikan Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Nomor; 064/SPAN-UM/VI/2020.

Kata Hamdan “Ujian masuk perguruan tinggi tahun 2020 ini jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana hampir semua jalur penerimaan dilakukan secara daring atau online, ini menjadi tantangan tersendiri bagi peserta,”.

Pada kesempatan itu juga, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan menyampaikan kepada peserta UM-PTKIN yang sudah memilih lokasi tes pada UIN Antasari beberapa hal penting yang harus diketahui.

Kampus UIN AntasariBanjarmasin tidak menyediakan perangkat teknologi informasi kepada peserta ujian, dan selama pelaksanaan ujian diimbau untuk tidak datang ke kampus UIN Antasari.

Akan tetapi panitia mengecualikan bagi peserta yang berkebutuhan khusus, kepada mereka akan diberi arahan kembali oleh panitia.

“Kebijakan tersebut diambil oleh pimpinan UIN Antasari dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 serta menerapkan protokol kesehatan selama pandemi virus corona sesuai dengan anjuran pemerintah, dan untuk diketahui bahwa seluruh Indonesia menggelar UM-PTKIN secara daring,” ujar Hamdan.

Terkait dengan pelaksanaan ujian dan pengaduan resmi panitia pusat dapat disampaikan pada situs https://sapa.um-ptkin.ac.id/login .

Selain halaman pengaduan tersebut, panitia UIN Antasari juga telah menyiapkan call center dengan nomor (telepon), (0511) 3252829 eks. 108/122, serta email: [email protected]