DEMA Dan PERMADIKSI UIN Gelar Seminar Nasional dan Peluncuran Buku Karya Mahasiswa BIDIKMISI

UIN Antasari, Banjarmasin – Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) UIN Antasari bekerja sama dengan Pengurus Persatuan Mahasiswa Bidikmisi (PERMADIKSI) UIN Antasari Banjarmasin sukses menggelar kegiatan webinar nasional secara Virtual dengan tema “Membangun Mahasiswa yang Kreatif dan Inovatif di Masa Pandemi dan Era Digital” melalui platform Zoom Meeting, Selasa (06/07/2021).

Acara yang dihadiri lebih dari 270 orang peserta, baik dari kalangan akademisi maupun mahasiswa ini juga dirangkai dengan peluncuran buku hasil karya mahasiswa BIDIKMISI/KIP UIN Antasari yang berjudul “Pelangi Kehidupan Meraih Harapan dan Impian Melalui BIDIKMISI (Kisah Inspiratif Mendapatkan Beasiswa BIDIKMISI Untuk Meraih Harapan dan Impian).

Acara ini menghadirkan Ruchman Basori, M.Ag. (Kasubdit Sarana, Prasarana dan Kemahasiswaan Kemenag RI), Dr. Hj. Nida Mufidah, M.Pd. (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama UIN Antasari) dan Ulfia Nurhasanah Komariah S.Sos (Alumni Berprestasi Penerima Beasiswa Mahasiswa S1 & S2) sebagai narasumber.

Ilham selaku Ketua DEMA UIN Antasari dalam sambutannya menyampaikan kegembiraan dengan digelarnya acara hari ini walaupun masih dalam masa pandemi dan berlangsung secara virtual. Menurutnya di era pandemi sekarang ini adalah sebuah tantangan bagi seorang mahasiswa untuk bisa membangun kreativitas dan inovasi dengan menyesuaikan perubahan atau sering disebut dengan istilah adaptasi kebiasaan baru.

Adaptasi kebiasaan baru ini menurut Ilham menuntut untuk melakukan pergerakan sosial (social movement), peluncuran buku hasil karya para mahasiswa BIDIKMISI/KIP kali ini menurutnya merupakan salah satu bukti dalam melakukan pergerakan sosial. “Mudah-mudahan ini sebagai pemacu semangat kawan-kawan mahasiswa, kamipun dari DEMA UIN Antasari Banjarmasin akan memberikan pelayanan-pelayanan yang bisa memberikan hal yang positif terhadap kawan-kawan mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin”. Tutup Ilham.

Sementara itu, Rektor UIN Antasari Banjarmasin, Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA. yang membuka secara resmi kegiatan ini menyampaikan apresiasi dan rasa bangga dengan kegiatan seminar nasional sekaligus diluncurkannya buku karya mahasiswa BIDIKMISI.

”Saya sangat terharu dan bangga dengan karya ini, istilah yang dipakai itu kisah ya (dalam cover buku), kisah itu dalam bahasa arab diambil dari kata -ُ قص (Qashsha-yaqoshshu) yang artinya memotong, Jadi قصة (QisshaH) itu adalah potongan peristiwa yang sangat penting, yang memberi makna, yang mengandung pelajaran dari hidup kita, kisah adalah potongan kejadian yang dituturkan ulang baik itu secara lisan atau tulisan agar orang yang menyimaknya bisa mengambil pelajaran, hikmah dan i’tibar dari padanya, ini saya kira yang sangat berharga dari buku ini” tutur Mujib.

Mujib berharap kegiatan seminar ini akan menjadi sebuah diskusi yang menarik dalam mengambil pelajaran, hikmah dan i’tibar dalam buku ini bersama para narasumber.

“Saya sangat bangga dan berterima kasih kepada teman-teman terutama Ibu Nida yang berhasil mendorong para mahasiswa BIDIKMISI/KIP untuk menulis dan saya berharap tidak berhenti untuk menulis buku ini saja” Kata Mujib.

Menulis merupakan salah satu pelatihan kognitif skill yang sangat dibutuhkan di masa yang akan datang, untuk itu Mujib juga mengajak kepada para peserta untuk terus meningkatkan kemampuan berfikir dengan menulis apa saja yang bermanfaat bagi Masyarakat.

Kemuadian kegiatan yang dimoderatori oleh Latifah Hasanah (Mahasiswa UIN Antasari) ini dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh masing-masing narasumber dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab antara peserta dengan pemateri. Acara berlangsung sangat interaktif dimulai dari pukul 10:00 hinga berakhir pukul 12:30 WITA.