3156 Mahasiswa Baru Ikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan

Jumat (2018/08/17) – Bertepatan dengan peringatan HUT RI ke-73, UIN Antasari Banjarmasin membuka Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) untuk mahasiswa baru angkatan 2018. Agenda rutin tahunan ini diselenggarakan selama 4 hari berturut-turut sebelum masa perkuliahan dimulai. Upacara PBAK dihadiri oleh Rektor Prof. Dr. H. Mujiburrahman, M.A., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Hj. Nida Mufidah, M. Pd., Kepala Biro AUPKK Drs. H. Saifi, M. Pd., Kepala Biro AAKK Drs. Mukhlis, M. Pd., para dekan dan Direktur Pascasarjana.

Upacara dibuka oleh sambutan Ketua Organizing Comitee, Muh Rizali. Di hadapan para mahasiswa baru, Rizali memberikan selamat karena telah bergabung dengan UIN Antasari. “Pesan saya jika kalian sudah duduk di bangku kuliah tidak hanya mengejar akademik saja tapi juga bisa menjadi agent of change, memiliki peran sosial bagi masyarakat,” ujarnya.

Ketua Dewan Mahasiswa UIN Antasari, Miftah Al-Farhan juga menyambut mahasiswa baru sebagai bagian dari kampus kini. “Banggalah menjadi bagian dari UIN Antasari. Menjadi mahasiswa berarti melakukan proses pengembangan diri di jenjang pendidikan tinggi, maka dari itu capaian ini patut disyukuri dengan cara berprestasi,” pesan Miftah.

“Selamat datang di UIN Antasari. Anda adalah sedikit dari orang-orang yang beruntung dapat menembus kampus ini. PBAK akan dilaksanakan di tingkat universitas dan fakultas. Kegiatan ini dilakukan untuk menyiapkan Anda agar memiliki wawasan, arah, dan tujuan ketika kuliah di UIN Antasari. Mari kita saling menghormati dan menjaga kegiatan ini agar terlaksana penuh martabat dan kehormatan,” tegas Rektor.

Upacara PBAK dilanjutkan dengan Upacara Peringatan HUT RI Ke-73 bersama para dosen dan karyawan. Sebanyak 3.156 mahasiswa baru program sarjana diterima menjadi mahasiswa baru UIN Antasari angkatan 2018 melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional PTKIN dan UM Mandiri. (fdh/humas)