UIN Antasari Gelar Bemtek Penyusunan e-SOP

UIN Antasisari – Elekronik Standar Operasional Prosedur (e-SOP) Kementerian Agama RI merupakan aplikasi sistem SOP berbasis web dalam mengelola dokumen SOP secara elektronik sebagai siklus pembuatan, review, pengesahan dan penetapan, distribusi, pengarsipan, serta evaluasi dan perbaikan SOP di lingkungan Kementerian Agama.

Guna memahami lebih jauh, UIN Antasari Banjarmasin melalui bagian Organisasi dan Kepegawaian menggelar Bimbingan Teknik (BIMTEK) program e-SOP di aula pascasarjana UIN Antasari, Selasa (2019/10/29).

Kegiatan ini dibuka oleh wakil rektor bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Dr. Sukarni, M.Ag., didampingi kepala biro AUPKK Drs. Amal Fathullah, M.Pd.I., kepala bagain Organisais dan Kepegawaian Bulkisnawati, S.Ag, M.Pd.I serta kasubag Organisasi dan Kepegawaian Arbani, S.sos.

Ada sekitar 139 peserta yang mengikuti bemtek e-SOP ini yang merupakan perwakilan dari setiap satker dilingkungan UIN Antasari Banjarmasin. Acara yang dimoderatori oleh Arbani, S.sos. ini menghadirkan Kisman Supriyatna, S.E dan  Shelvya Nabashah, S.Kom dari Kementerian Agama RI.

“Mari kita ikuti betul kegiatan ini karena ini merupakan bagian dari reformasi administrasi birokrasi bagaimana kita akan memanfaatkan program-program yang sudah sangat sederhana, sangat mudah dalam merumuskan SOP” kata Sukarni.

Tambahnya lagi, kemungkinan SOP ini akan seragam seluruh Indonesai, bukan hanya sekedar menyederhanakan pekerjaan dalam rangka merumuskan SOP, tapi juga juga dalam rangka menyeragamkan pekerjaan sehingga dimanapun persoalan birokrasi di urus maka SOP-nya akan sama.

Kepala Biro AUPKK menegaskan, bahwa kegiatan bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang tata cara penyususnan SOP melalui aplikasi sehingga bisa mendorong agar pengelola baik ditingkat pimpinan jurusan, fakultas, bagian, sub bagian, lembaga-lembaga, pusat-pusat dan unit pelaksana teknis ataupun pelaksana di lingkungan UIN Antasari Banjarmasin mampu untuk mempraktekkan penyusunan e-SOP tersebut.