Tim Debat Fakultas Syariah UIN Antasari Juara di ULM

Banjarmasin (08/12/2020) Mahasiswa Universitas Islam Negeri Antasari kembali meraih prestasi, prestasi tersebut diraih mahasiswa Fakultas Syariah. Tim debat yang diketuai oleh Muhammad Husin Ali (Prodi Hukum Tata Negara), Husin bersama dengan kedua rekannya Salim A. Vadaq (Prodi Hukum Tata Negara) dan Noor Sifa Umairoh (Hukum Keluarga Islam) tersebut sukses menjadi juara pertama dalam Kompetisi Debat Hukum 2020 yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat. Sedangkan juara 2 dan 3 diraih oleh Tim debat Universitas Lambung Mangkurat.

Tim debat Fakultas Syariah UIN Antasari berhasil mengungguli 3 tim lainnya.  Husin menceritakan kepada tim humas, yang mendaftar sekitar 6 tim, namun saat perlombaan, yang datang hanya 4 tim. Perlombaan menggunakan sistem point, jadi ke 4 tim tersebut saling bertemu dan tidak menggunakan sistem gugur. Adapun debat dilakukan secara offline, tutur Husin.

Menurut Muhammad Husin Ali yang hoby membaca, dan bermain futsal serta basket ini,  mengatakan bahwa sebelumnya, para peserta ini juga telah mengikuti berbagai rangkaian acara mulai dari pendaftaran dari tanggal 07-28 November 2020, hingga acara debat tanggal 03-04 Desember 2020.

Selaku ketua dan penanggungjawab tim, Muhammad Husin Ali yang lahir di Tabalong pada tanggal 8 Juli 2000 mengatakan bahwa sangat senang dapat menjuarai debat ini. “Saat pengumuman kemarin, tentunya kami sangat senang menjuarai debat Hukum tingkat regional ini, yang mana kami mengalahkan tuan rumah, dan mempertahankan gelar juara 1 setiap tahun nya. Karena tahun lalu Tim UIN Antasari juga mendapatkan juara 1 dalam lomba yang sama. Jadi intinya kami sangat senang, terharu juga, semua kelelahan yang kami rasakan terbayarkan”, ungkap Muhammad Husin Ali, Senin (7/12).

Ditanya tentang motivasi Tim debat Fakultas Syariah UIN Antasari mengikuti perlombaan ini, Muhammad Husin Ali mengatakan: “Kami ingin sekali mengharumkan nama UIN Antasari Banjarmasin, baik di regional maupun nasional. Kami ingin membuat kampus kami disegani, dikenal, dan menjadi salah satu kampus yang terbaik di Kalimantan Selatan. Kami ingin berkontribusi untuk mengangkat nama kampus, sebelum kami lulus” ucap  Husin Ali yang sekarang tercatat sebagai mahasiswa semester 5 ini.