Sudah Siap, Ujian SSE UM-PTKIN Tahun 2022 Mulai Dilaksanakan Besok

BANJARMASIN – Sistem Seleksi Elektronik (SSE) Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Tahun 2022 siap dilaksanakan mulai besok (14/06/).

Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari pun telah mematangkannya, agar semua bisa berjalan sesuai rencana.

Di antaranya telah dilaksanakan uji coba selama 2 hari pada pekan lalu, peserta bersama para pengawas.

“Meskipus ada sedikit gangguan pada aplikasi, tapi sudah diantisipasi panitia pusat. Misalnya saat ada yang mengerjakan soal tiba-tiba terputus koneksi dan aplikasinya, atau ada yang tidak bisa masuk,” jelas Sekretaris Panitia Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Antasari 2022, Masri, S.Ag., M.Pd., saat ditemui di Gedung Pusat Layanan Terpadu Kampus Banjarmasin, Senin (13/06).

Untuk UIN Antasari sendiri sebagai panitia Lokal Pelaksana UM-PTKIN Tahun 2022, ujian akan digelar 2 hari, 14 dan 15 Juni 2022 dari total 4 hari yang dilaksanakan panitia pusat.

Ada 1.717 peserta yang akan mengikutinya, bersaing mengisi 1.585 kursi tersedia, dari kuota 65% untuk jalur seleksi bersama UM-PTKIN.

Semuanya akan menjawab 3 kriteria soal, dari Tes Kemampuan Dasar (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman), Tes Kemampuan Bidang IPA (Matematika, Fisika, Biologi, Kimia), dan Tes Kemampuan Bidang IPS (Sejarah, Sosiologi, Ekonomi, Geografi).

“Semoga besok tidak ada gangguan dan aplikasinya lancar,” harap Masri yang juga Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan ini.

Guna kelancaran tersebut, 60 pengawas baik sebagai penanggung jawab ruang dan pengawas teknologi informasi siap bertugas selama 3 sesi setiap harinya (Selasa dan Rabu), yang terpusat di Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data Gedung Pusat Sumber Belajar.

Untuk ujian SSE UM-PTKIN dilaksanakan secara daring (online), artinya diikuti peserta dari rumah saja, atau tempat yang terjangkau jaringan internet, lewat aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE).

Berikut ini adalah tata tertib yang harus diperhatikan peserta sewaktu melakukan ujian dikutip dari Instagram @span_umptkin:

1. Peserta menyiapkan perangkat ujian paling lambat 20 menit sebelum ujian dimulai.

2. Peserta dianjurkan untuk makan, minum dan ke toilet terlebih dahulu sebelum mengikuti rangkaian ujian.

3. Peserta wajib memastikan daya baterai perangkat ujian yang cukup sebelum mengikuti rangkaian ujian.

4. Peserta harus melakukan regristasi dengan cara masuk ke aplikasi paling lambat 1 menit sebelum ujian dimulai.

5. Toleransi keterlambatan 15 menit setelah ujian dilaksanakan dan tidak ada tambahan waktu ujian.

6. Peserta yang terlambat lebih dari 15 menit setelah ujian dilaksanakan tidak diperkenankan untuk mengikuti ujian (dianggap gugur).

7. Peserta wajib menggunakan aplikasi ujian SSE UM-PTKIN saat mengikuti ujian.

8. Peserta wajib melakukan jaga jarak dengan radius 3 meter selama ujian berlangsung. Tidak diperkenankan seseorang bersama peserta selama ujian berlangsung.

9. Peserta wajib mengenakan pakaian atasan kemeja polos dan bawahan warna gelap.

10. Peserta yang tidak mematuhi tata tertib dan tata cara mengikuti ujian SSE UM-PTKIN panitia akan menegur sebanyak 2 kali pada aplikasi ujian, jika teguran tidak diindahkan akan didiskualifikasi dari ujian dan dinyatakan gugur.

Selain itu, terdapat beberapa tindakan yang dilarang, berikut daftarnya:

– Dilarang bertanya dan/atau berbicara dengan orang di sekitar tempat ujian.

– Dilarang menerima dan/atau memberikan sesuatu dari/kepada orang di sekitar tempat ujian.

– Dilarang meninggalkan perangkat ujian.

– Dilarang membaca referensi yang bersumber dari manapun.

– Dilarang merokok selama ujian berlangsung.

– Dilarang membuka peramban, aplikasi pertemuan, aplikasi jarak jauh, atau terkoneksi dengan layar tambahan.

Pelaksanaan Ujian SSE UM-PTKIN tercantum pada masing-masing Kartu Tes peserta, yang hasilnya akan diumumkan pada 30 Juni 2022.