Giliran UniSZA Malaysia Jalin Kerja Sama dengan UIN Antasari

BANJARMASIN – Universitas Islam Negeri Antasari makin gencar menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga di luar negeri, yang kali ini datang dari Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA).

Perguruan tinggi ini berada di Negeri Bagian Terengganu, Pantai Timur Semenanjung Malaysia.

Kedua pihak pun mengikat komitmen saling mendukung pengembangan pendidikan masing-masing, yang dituangkan dalam Letter of Intent (LoI), saat pertemuan secara virtual, lewat aplikasi Webex Meeting, Sabtu (11/06/2022).

“Kami berterima kasih kepada pihak Universiti Sultan Zainal Abidin yang membukakan pintu untuk kerja sama kali ini, yang dimulai dengan Seminar Internasional mengenai Maqasid Syariah, dan nanti akan kita lanjutkan dengan berbagai kegiatan, seperti misalnya student exchange, student mobility atau kredit transfer, join research project, dan lain-lain,” urai Rektor UIN Antasari Prof. Dr. H. Mujiburrahman, M.A. dari Banjarmasin.

Ya, penandatanganan ini menjadi kegiatan pembuka dari dimulainya Seminar Antarbangsa Maqasid Syariah ke-7, yang narasumbernya juga diisi 4 Dosen UIN Antasari.

Mereka adalah Prof. Dr. Hj. Masyithah Umar, M.Hum. (Fiqh Munakahat Progresif: Hukum Perkawinan Berbasis Maqasid Syariah dalam Ketentuan Pencatatan Perkawinan dan Taklik Talak), Prof. Dr. H. M. Fahmi Al-Amruzi, M.Hum. (Harta Perpantangan dalam Bingkai Maqasid Syariah), Dr. Inna Muthmainnah, M.A. (Narasumber Forum Liqa’ Ilmuwan Serantau), dan termasuk juga Rektor UIN Antasari Prof. Dr. H. Mujiburrahman, M.A. (Mencari Titik Temu Universal: Wacana Agama, Budaya, dan Politik di Indonesia).

Materi-materi dari UIN Antasari ini mendapat sambutan hangat dari UniSZA, yang bahkan tema dari Rektor Prof. Dr. H. Mujiburrahman, M.A. diwacanakan untuk dikembangkan untuk seminar lanjutan, karena mengangkat tema kebangsaan.

“Mereka juga tertarik dengan Program Khusus Ulama yang kita galakkan, karena tidak ada di UniSZA,” jelas Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Antasari, Dr. Irfan Noor, M.Hum., saat memberikan amanat di Upacara Mingguan Pegawai Rektorat, Senin (13/06/2022).

Kerja sama lainnya juga terus digencarkan UIN Antasari, tidak hanya di Asia Tenggara, termasuk lebih luas ke belahan dunia lainnya, guna menjadi lembaga pendidikan tinggi yang unggul dan berakhlak. (Fur/Ali/Yad)