Sistem Informasi Elektronik Kinerja ASN (SI-EKA) Ukur Kinerja Pegawai

Rabu (2018/07/18) UIN Antasari Banjarmasin mengadakan Sosialisasi Sistem Informasi Elektronik Kinerja ASN Tahun 2018.  Peserta kegiatan ini adalah seluruh tenaga kependidikan yang berstatus sebagai ASN. Sosialisasi dilaksanakan dengan mengundang narasumber dari Kementerian Agama Pusat, Karnudin, S. E., yang menjabat sebagai Analis Hasil Pengawasan dan Dumas Biro Kepegawaian Setjen Kementerian Agama. Sistem Informasi Elektronik Kinerja ASN sebenarnya telah diluncurkan oleh Kemenag pada tahun 2017 lalu oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

“Acara ini terselenggara berdasarkan UU ASN No 5 tahun 2015 juga PP No 46 Tentang Penilaian Prestasi PNS. Sosialisasi sangat penting untuk dilakukan dalam rangka memberikan pengetahuan tentang tata cara pengisian informasi secara elektronik. Selain itu juga mendorong ASN untuk mengisi sasaran kerja pegawai. Maka dari itu diperlukan keterampilan khusus dalam pengisian secara elektronik sehingga harus ada sosialisasi,” kata Saifi, ketua pelaksana kegiatan.

Menurutnya lagi, ASN harus mengembangkan nilai Budaya Kerja Kementerian Agama yang meliputi integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan. “Jadi selain melakukan pengisian informasi secara elektronik juga harus menerapkan budaya kerja agar menjadi ASN yang berintegritas,” jelasnya. Slogan 5 Budaya Kerja didukung adanya sistem ini agar semua yang dibangun berjalan sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku. Sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan pengisian materi oleh Karnudin. (fdh/humas)