Perkuat Arah Kerjasama, Rektor Terima Delagasi Al Azhar Asy Syarif Mesir

Senin 7 Maret 2021 Rektor UIN Antasari Prof. Dr. H. Mujibirrahman, MA didampingi Dekan Fakultas Syariah Dr. Hj. Amelia Rahmah, MH. Dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Budi Rahmat Hakim, MHI menerima kedatangan delagasi Al Azhar Asy Syarif Syeikh Dr. Ali Ibrahim Abdallah Ibrahim (Ketua Delegasi Al Azhar As Syarif), Syeikh Mohamed Salim Ismail Muhammed Amir (Imam Besar Mesjid Al Azhar As Syarif),Syeikh Ahmed Eid Ahmed Zaky (ketua Yayasan Al Azhar As Syarif) di gedung rektorat UIN Antasari.

Kedatangan delegasi tersebut dalam rangka mengisi kegiatan webinar internasinal yang diselenggarakan oleh Fakultas Syariah secara Hybrid yang mengusung tema “Peran Fuqaha Dalam Mengkonsolidasikan Manhaj Moderat Serta Memperkuat Keamanan Intelektual”.

Dalam perbincangan hangat diruang tamu rektor tersebut, delegasi Al Azhaz Asy Syarif menyampaikan bahwa pihak Al Azhar sangat terbuka untuk membangun kerjasama dengan UIN Antasari, seperti pengiriman dosen untuk penelitian menggunakan fasilifas perpustakaan Al Azhar, pengiriman alumni Al Azhar untuk mengajar sekaligus berkuliah di pascasarjana UIN Antasari, dan kemungkinan penyesuaian kurikulum prodi untuk double degree.

Selain itu dalam kegiatan webinar yang berlangsung di Aula Zafri Zamzam tersebut, Rektor yang memberi sambutan dan membuka kegiatan secara resmi menyapaikan rasa sangat terhormat dengan kedatangan delegasi Al Azhar ke UIN Antasari.

Rektor menyampaikan, Mesir adalah negara pertama di dunia yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Karena itu hubungan dua negara sangat kuat. “Ribuan anak Indonesia belajar di Mesir, khususnya di Al Azhar. Bahkan ada 5 dosen UIN Antasari juga alumni Al Azhar” imbuhnya.

Rektor juga mendukung tema seminar tersebut, Mujiburrahman mengatakan bahwa tema yang terkait dengan moderasi beragama tersebut adalah salah satu agenda prioritas pemerintah Indonesia.