Fakultas Syariah Selenggarakan Seminar Internasional Tentang Islam Wasathiyah (Moderat)

Pada tanggal 7 Maret 2022, Fakultas Syariah UIN Antasari Banjarmasin menggelar kegiatan Seminar Internasional dengan tema: : Peran Fuqaha Dalam Mengkonsolidasikan Manhaj Moderat Serta Keamanan Intelektual.” Kegiatan ini dilaksanakan di kampus UIN Antasari Banjarmasin yang diikuti mahasiswa Program Khusus dan dosen, baik secara luring maupun daring.

Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Fakultas Syariah UIN Antasari dan Univesitas al-Azhar Kairo, Mesir. Narasumber yang berhadir di dalam seminar yaitu Syeikh Dr. Ali Ibrahim Abdala Ibrahim, Syeikh Mohamed Salim Ismail Mohamed Amer (Imam Jami’ al-Azhar, Kairo) dan Syeikh Ahmed Eid Ahmed Zaky.

Di dalam sambutannya, Rektor UIN Antasari, Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA mengungkapkan bahwa hubungan Indonesia dan Mesir telah terjalin sejak lama, terutama pengakuan Mesir terhadap Kemerdekaan Indonesia di tahun 1945. Disamping itu, ratusan ribu pelajar Indonesia telah melanjutkan pendidikannya ke Universitas al-Azhar Kairo. Karena itu, banyak sekali ulama-ulama Indonesia yang merupakan alumni dari perguruan tinggi tersebut. Tema ini begitu penting didiskusikan untuk memberikan pemahaman yang benar tentang Islam, terutama tentang konsep Islam Wasathiyah atau Islam Moderat seperti yang disebutkan di dalam kitab suci al-Qur’an Surah al-Baqarah ayat 143: (terjemahannya) “Dan demikian pula Kami telah menjadikan kamu (umat Islam) “Umat Pertengahan (Washatan/Moderat)” agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjad saksi atas (perbuatan) kamu.” Dengan pemahaman yang benar tentang Islam, maka umat Islam terutama kaum intelektual muda terhindar dari paham-paham radikalisme.

 

Repost: fs.uin-antasari.ac.id