Rektor: Sikap Moderat Harus Kita Tanamkan di Ma’had Al-Jami’ah

UIN Antasari, Banjarmasin –UPT Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin melaksanakan Orientasi bagi Musyrif/ Musyrifah TA 2021-2021 selama dua hari, 6-7 Januari 2021 bertempat di Aula Zafry Zamzam gedung rektorat lantai 3, Kamis (06/01/2022).

Acara ini dibuka secara langsung oleh Rektor UIN Antasari Banjarmasin Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA., turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. Hj. Nida Mufidah, M.Pd. serta Kepala UPT Ma’had Al-Jami’ah Muhammad Syamsuddin Noor, Lc., MA.

Dalam sambutannya Rektor menyampaikan bahwa secara nasional  Ma’had Al Jami’ah merupakan lembaga yang sangat penting di PTKIN. Menteri Agama sejak Lukman Hakim Saifuddin hingga saat ini Yaqut Cholil Qoumas sangat menekankan bahwa Ma’had Al Jami’ah merupakan suatu keharusan di PTKIN terutama di UIN, hal ini dikarenakan ada kekhawatiran  UIN kehilangan jati dirinya terkait ke Islaman. “Namanya saja Universitas Islam tapi Islamnya tidak jelas, kalau dipakaian barang kali masih kelihatan tetapi dari segi akhlaknya pandangan hidupnya, ibadahnya itu mulai kabur” kata Mujiburrahman.

Selain itu ada sesuatu yang lebih mendesak lagi mengenai Ma’had Al Jami’ah  yaitu perubahan dunia yang ekstrem. Munurut Mujiburahaman, keadaan dunia sekarang membutuhkan sikap moderat untuk mengimbangi perubahan dunia yang ekstrem.

“Sikap moderat ini harus kita tanamkan di Ma’had Al-Jamiah. Ma’had ini dibutuhkan untuk menciptakan mahasiswa yang punya pandangan hidup moderat, tidak ekstrem” tekan Rektor.

Kemudian terkait kebijakan pemondokan, untuk saat ini UIN Antasari sudah melakukan permohonan izin kepada Satgas COVID-19 untuk melakukan pemondokan, setelah mendapatkan izin maka akan dibicarakan langkah praktis apa yang harus dilakukan untuk keselamatan bersama terhadap varian baru COVID-19.

Di akhir sambutannya Mujiburrahman mengucapkan terima kasih kepada seluruh musyrif dan musyrifah yang sudah bersedia membantu dalam membina dan mendidik mahasantri Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari. “Suatu kemuliaan anda mengisi hidup menjadi orang bermanfaat bagi saudaranya” pungkasnya.