Purna Bakti Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, MA., Rektor : Beliau adalah Tokoh yang Sangat Lengkap

Banjarmasin – .”Seandainya kamu jadi Rektor maka kamu harus menjaga integritas, menjaga kejujuran karena itu yang paling penting dalam kepemimpinan” demikian kenang Rektor UIN Antasari Banjarmasin Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA. saat memberikan sambutan dalam rangkaian acara Purna Bakti Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, MA., Selasa (23/06/2020) Pagi.

Acara dilakasanakan oleh Pascasarjana UIN Antasari secara virtual dengan menggandeng Rumah Virtual Profesional (RVP) Duta TV Banjarmasin dan juga disiarkan secara langsung melalui channel youtube DUTA TV. Acara yang berlangsung sejak pukul 09.00 hingga 11.30 itu juga diwarnai dengan orasi ilmiah yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, MA yang bertajuk “Menyelami Pendidikan Islam”.

Menurut Rektor UIN Antasari, Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, MA merupakan sosok tokoh yang sangat lengkap, yang patut dijadikan inspirasi bagi generasi muda. “ Setahu saya belum ada Rektor UIN yang pernah jadi Kakanwil Kemenag kecuali pa Kamrani, ini luar biasa sekali, sebuah pencapaian kalau bagi orang Kemenag adalah pencapaian yang sempurna, tidak hanya di dunia akademis tapi juga di birokrasi Kementerian Agama” ungkapnya tentang sosok Prof Kamrani.

Ia melanjutkan, bahwa Prof. Kamrani juga seorang tokoh masyarakat yang aktif dalam organisasi kemasyarakan, baik itu MUI, Al-washliyah dan sampai sekarang mengisi pengajian, ceramah dan menyampaikan khotbah. “siapa yang tidak kenal beliau, di telivisi, di radio, di masjid, di mushalla beliau selalu hadir untuk memberikan inspirasi bagi masyarakat kita di banua, ini merupakan pengabdian yang luar biasa” tutur Prof. Mujiburrahman.

Lagi menurut Prof. Mujiburrahman, dan ini merupakan yang sangat penting dan luar biasa adalah Prof. Kamrani sebagai sosok guru dan dosen yang sangat disukai oleh para mahasiswanya. “Saya dengar dari omongan-omongan para mahasiswa, alumni ataupun yang sedang dibimbing oleh beliau, selalu saya dengar kenangan manis dan indah dari cerita-cerita orang terhadap beliau sebagai seorang dosen, ini adalah teladan bagi kita semua” ungkap Prof Mujiburrahman.

Selain itu, Rektor Mujiburrahman juga menyampaikan bahwa kepada Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Antasari Dr. H. Yahya Mof dan dosen Pascasarjana UIN Antasari Dr. Ahmad Juhaidi ditugaskan untuk menulis buku kenang-kenangan tentang Prof Kamrani agar tercatat dalam sejarah, untuk bisa mengambil teladan. “Alhamdulillah naskahnya sudah siap, sekitar seratus halaman lebih dan ada juga tulisan khusus dari pa Kamrani, dan saya yakin ini akan menjadi khazanah yang sangat bermakna bagi generasi muda dan bagi UIN Antasari”. Ucap Rektor.

Tidak lupa juga Mujiburrahman mengucapakan terimakasih atas dedikasi dan integritas yang ditunjukkan oleh Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, MA. “Saya ucapkan selamat dan terima kasih atas segala kebaikan pa Kamrani selama ini, dan kami berharap kebaikan beliau akan terus menerus diberikan kepada kita semua, karena kita semua adalah murid-murid beliau yang masih perlu bimbingan dan nasehat-nasehat dari beliau yang bijaksana dan menginspirasi”.

Direktur Pascasarjana UIN Antasari Prof. Dr. H. Saifuddin Sabda, MA juga menyampaian kesan dan ucapan terima kasih kepada Prof Kamrani. “Pribadi beliau dipandang sebagai seorang yang sangat berintegritas, disiplin, jujur, ikhlas, santun, sangat menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda. Ijinkan saya mewakili seluruh jajaran Pascasarjana mengucapakan terimakasih yang sebesar-besarnya atas pengabdian dan sumbangsih Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, MA eksistensi dan kemajuan Pascasarjana yang tentu tidak bisa dinilai besar dan manfaatnya, semoga yang beliau lakukan mendapat ganjaran berlimpah dari Allah SWT.” pungkas Prof. Saifuddin yang diamini segenap hadirin.

Sementara itu, Ketua Baznas Provinsi Kalimantan Selatan Drs. H.G. Rusdi Effendi, AR juga turut mengucapkan selamat. “Atas nama BAZNAS Provinsi Kalimanatan Selatan, saya beserta seluruh pimpinan mengucapkan selamat atas berakhirnya masa tugas di dunia pendidikan, khususnya UIN Antasari Banjarmasin. Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, MA. adalah sosok yang sangat baik, santun dan selalu mengedepankan musyawarah dalam mengambil keputusan, tidak memaksakan kehendak tapi tegas dalam bersikap, walaupun secara kedinasan beliau berakhir, sumbangan pemikiran beliau masih sangat diharapkan guna kemajuan pendidikan di Kalimantan Selatan”.