Perkuliahan Intensif Bahasa Asing Dimulai, Ada 101 Kelas di 2 Kampus

Para mahasiswa baru mengikuti pembukaan pembelajaran intensif 2022 UPB UIN Antasari (Foto-Humas-Hadi Rustami) - kompres

Para mahasiswa baru bersiap mengikuti pembukaan pembelajaran intensif 2022 UPB UIN Antasari (Foto:Humas/Hadi Rustami)

BANJARMASIN – Unit Pengembangan Bahasa (UPB) Universitas Islam Negeri Antasari resmi memulai Pembelajaran Intensif Tahsin Al-Qur’an, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris Tahun 2022. Banyak kelas disediakan di 2 kampus, termasuk di Banjarbaru.

Wakil Rektor UIN Antasari Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. Hj. Nida Mufidah, M.Pd. (Foto-Humas-Hadi RUstami)
Perkuliahan dasar ini resmi dibuka Rektor Prof. Dr. H. Mujiburrahman, M.A. melalui Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. Hj. Nida Mufidah, M.Pd., di Gedung Olahraga dan Seni, Sabtu (17/09) (Foto-Humas-Hadi RUstami)

Para mahasiswa baru turut diberikan motivasi, agar serius mengikuti seluruh rangkaian pembelajaran ini, sebagai bekal peningkatan kualitas diri. Apalagi nantinya juga disediakan kelas unggulan, guna membantu para mahasiswa mencapai target standar berbahasa asing yang diinginkan, yang bisa berguna dalam melanjutkan studi ke S-2 via beasiswa.

“Mau lanjut S-2 atau tidak?” tanya Dr. Hj. Nida Mufidah saat memberikan sambutan.

“Mau…..”, sahut para mahasiswa baru serempak.

“Nah, maka mulai sekarang harus betul-betul Bahasa Arab, Bahasa Inggris, mengajinya harus bagus. Saya yakin, dengan mengamalkan Al-Qur’an, mengaji, semuanya, itu akan menunjukkan bahwa anda adalah orang-orang yang terpelihara, anda adalah orang-orang yang cerdas,” ajak lulusan S-3 Universitas Negeri Malang tersebut.

Total ada 687 mahasiswa yang mengikuti pembelajaran tahsin, terbagi dalam 30 kelas. Kemudian Bahasa Arab diikuti 1.887 peserta di 86 kelas dan 1.942 mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Bahasa Inggris di 101 kelas. Semuanya akan menempuh 40 kali pertemuan, dengan 6 di antaranya berupa ujian lisan maupun tertulis.

Kepala UPB UIN Antasari Dr. Hj. Fatwiyah Noor, Lc., M.Pd. saat menyampaikan laporan panitia (Foto-Humas-Hadi Rustami)
“Adapun tujuan program ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran bagi mahasiswa, betapa pentingnya modal berbahasa dalam kehidupan kita sekarang dan akan yang datang,” tegas Kepala UPB Dr. Hj. Fatwiyah Noor, Lc., M.Pd. saat menyampaikan laporan panitia (Foto:Humas/Hadi Rustami)

Untuk kelas tahsin akan mengikuti metode Tilawati, sedangkan pembelajaran Bahasa Arab dan Inggris, menggunakan perangkat perkuliahan yang telah dikembangkan UPB.

Para pemenang lomba membaca berita berbahasa asing (Foto-Humas-Hadi Rustami)
Di kesempatan ini, juga diserahkan hadiah bagi para pemenang Lomba Membaca Berita Berbahasa Asing 2022, sekaligus orientasi bagi para tutor (Foto:Humas/Hadi Rustami)

(Fur/Ali)

Budi Rahmat Hakim (WD 3 FS), salah satu tutor, dan Fatwiyah Noor (Kepala UPB UIN Antasari) (Foto-Humas-Hadi Rustami)
Dari kiri ke kanan: Dr. Budi Rahmat Hakim, S.Ag., M.H.I. (Wakil Dekan Fakultas Syariah Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama), salah satu tutor, dan Kepala UPB Dr. Hj. Fatwiyah Noor, Lc., M.Pd. saat bersiap memulai pembukaan pembelajaran intensif 2022 (Foto:Humas/Hadi Rustami)
Pembacaan doa oleh tokoh ulama Kalsel yang juga tutor senior UPB UIN Antasari K.H. Abdussamad Sulaiman, Lc. (Foto-Humas-Hadi Rustami)
Pembacaan doa oleh tokoh ulama Kalsel yang juga tutor senior UPB UIN Antasari K.H. Abdussamad Sulaiman, Lc. (Foto:Humas/Hadi Rustami)