Hudaya: “Visi Misi Jantung Akreditasi”

Selasa (2018/08/28) – Unit Penjamin Mutu Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari menyelenggarakan workshop visi dan misi fakultas. Hadir dalam kesempatan adalah Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan Dr. Hasni Noor, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. Hairul Hudaya, ketua dan sekretaris jurusan, para dosen serta undangan dari sekolah MIN 3 Banjarmasin, MTSN 4 Banjarmasin dan MAN 1 Banjarmasin. Narasumber yang dihadirkan adalah Dr. Rusma Noortyani yang merupakan Ketua UPM FKIP Universitas Lambung Mangkura serta Prof. Dr. Kamrani Buseri, MA.

Dalam laporannya, ketua panitia Dr. Hairul Hudaya menyatakan bahwa UIN Antasari perlu belajar dari Universitas Lambung Mangkurat. “Dari 21 program studi di FKIP ULM, 8 diantaranya telah terakreditasi A. Kita bisa mengambilnya sebagai pelajaran. Selain itu, perwakilan dari sekolah-sekolah juga saya kira sangat penting untuk memberikan masukan terkait visi dan misi fakultas kita,”jelasnya.

Hudaya juga menambahkan bagaimana visi misi sangat mempengaruhi kegiatan-kegiatan untuk program studi yang dapat menunjang akreditasi. “Visi misi itu jantungnya akreditasi. Pada tahun 2019 ada 7 program studi yang akan reakreditasi, selanjutnya tahun 2020 ada 5 program studi. Semoga adanya workshop ini dapat menambah semangat bagi kita semua sehingga ada prodi di FTK yang mendapat akreditasi A,” harapnya.

Hal senada juga dilontarkan Hasni Noor. “Banyak PTKIN terutama yang statusnya UIN sudah banyak yang mendapat akreditasi A untuk program studi yang ada sehingga bisa membuka Pendidikan Profesi Guru (PPG). Ini menjadi motivasi bagi kita agar bekerja keras untuk meningkatkan akreditasi prodi kita, apalagi jumlah Guru Besar dan Doktor di FTK cukup banyak. Semoga hal ini menjadi motivasi bagi kita semua,” tegas Hasni.  (fdh/humas)