Gelar Kuliah Umum, Fakultas Syariah Hadirkan Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI

UIN Antasari, Banjarmasin – Fakultas Syariah UIN Antasari Banjarmasin gelar kuliah umum dengan mengangkat tema “Fiqih Progresif: Dinamika Pembaruan Hukum Islam Melalui Yurisprudensi Peradilan Agama di Indonesia” bertempat di Aula Jafry Zamzam Rektorat Lt 3, Jumat (13/05/2022).

Kegiatan yang juga diikuti secara daring melalui ruang Zoom Meeting menghadirkan Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI Prof. Dr. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M. sebagai narasumber dan mendaulat Dr. Hj. Gusti Muzainah, S.H., M.H., sebagai moderator.

Dibuka secara resmi oleh Rektor UIN Antasari Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA. kegiatan ini dihadiri oleh berbagai unsur dan kalangan, baik civitas akademika dari UIN Antasari, ULM, UNISKA, STIHSA, mahasiswa maupun praktisi hukum dan masyarakat umum.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Syariah UIN Antasari Dr. Hj. Amelia Rahmaniah, M.H. mengungkapkan apresiasi kepada Mahkamah Agung RI yang telah berkenan untuk berkunjungan dan memberikan kuliah umum di UIN Antasari terutama Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI Prof. Dr.  Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M.

Amelia mengatakan diangkatnya tema Fiqih Progresif: Dinamika Pembaruan Hukum Islam Melalui Yurisprudensi Peradilan Agama di Indonesia karena tema ini sangat relevan untuk didiskusikan pada saat ini mengingat hukum Islam bersifat dinamis yang mengikuti dinamika perkembangan masyarakat.

“Salah satu pembaruan hukum Islam adalah melalui yurisprudensi peradilan agama, karena itulah peran yurisprudensi peradilan agama sangat penting” Ujar Amelia.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa sejauh ini Fakultas Syariah telah banyak melakukan kegiatan kerja sama dengan peradilan agama dan kegiatan kuliah umum kali ini merupakan bagian dari kerja sama tersebut. Ia berharap kujungan seperti ini terus berlanjut di masa yang akan datang.

Senada apa yang disampaikan Ibu Dekan, Rektor UIN Antasari dalam kesempatan juga mengungkapkan apresiasi dan menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan kuliah umum ini. Menurut Mujiburrahman topik yang diangkat dalam kuliah umum ini sangat penting dan menarik.

“Mudah-mudahan pertemuan kita pada hari ini mendatangkan manfaat dan kebaikan bagi kita bagi kampus kita dan bagi masyarakat” pungkasnya. (Yad/Ali)