Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis Indonesia Siap Berantas Paham Radikal

Senin (2018/07/16), Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis Indonesia (FKMTHI) menggelar Pengukuhan Pengurus dan Konsorsium Nasional dengan tema “Islam dan Budaya Nusantara” di UIN Antasari Banjarmasin. Acara dihadiri oleh Rektor Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA., Walikota Banjarmasin H. Ibnu Sina., perwakilan MUI dan Kapolda Kalimantan Selatan, para dosen undangan, serta anggota forum dari PTKIN seluruh Indonesia. Selama 3 hari (16-19 Juli 2018), selain konsorsium nasional juga diadakan seminar nasional dan halaqah kebangsaan.

Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis Indonesia (FKMTHI) didirikan pada tahun 2000 oleh Dr. Dzikri Nirwana, M. Ag. Walau sempat vakum, nyatanya FKMTHI kembali aktif pada tahun 2011 sampai sekarang dan telah memiliki sebanyak 98 himpunan mahasiswa di Indonesia. “Terimaksih atas bimbingan yang telah diberikan kepada kami. Saya berharap forum ini berkembang lebih progresif lagi. Semoga pengurus baru bisa bekerja sama dan aktif sebagai garda terdepan memberantas paham radikal,” kata Achmad Sayuti selaku Ketua FKMTHI.

Sementara itu, Rektor sangat mendukung berlangsungnya kegiatan semacam ini karena sangat penting untuk pengembangan akademis dan kajian keilmuan. “Di tingkat nasional juga tengah didorong asosiasi dosen guna pengembangan akademis dosen. Saya berharap forum ini nanti bisa membangun kerjasama dengan asosiasi dosen tersebut karena sangat bermanfaat sekali,” jelas Rektor. Senada dengan Prof. Mujib, H. Ibu Sina selaku Walikota Banjarmasin juga menyatakan dukungannya pada FKMTHI. “Semoga acaranya sukses dan memberikan manfaat yang besar bagi kita semua,” harapnya.

Acara dibuka oleh Ibnu Sina dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus FKMTHI masa kepengurusan tahun 2018-2020. Terpilih sebagai Ketua adalah Achmad Sayuti, Wakil Ketua Fachru Hasan, dan Sekretaris Nasional Kholili Anshori. (fdh/humas).