Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Antasari Gelar Studium Generale Karakter Mahasiswa Sukses

UIN Antasari, Banjarmasin – Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) selenggarakan Studium General dalam rangka mengawali masa perkuliahan semester ganjil TA 2020/2021, Rabu (16/09/2020).

Kegiatan yang mengangkat tema “Karakteristik Mahasiswa Sukses (Pendekatan Psikologi)” ini mendaulat Prof. Bambang Suryadi, Ph.D., Guru Besar Psikologi Pendidikan dan Konseling pada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai narasumber

Studium Generale itu diselenggarakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom dan Youtube Channel Pusjibang PI FTK UIN Antasari. Menurut pantauan tim humas, tercatat lebih dari 300 orang peserta yang mengikuti kegiatan melalui Zoom, dan lebih dari 1.000 peserta yang mengikuti kegiatan via Youtube Live, baik dari kalangan pimpinan fakultas, para guru guru besar, dosen dan mahasiswa di lingkup Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Rektor UIN Antasari, Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam kondisi pandemi COVID-19 aktivitas menjadi tidak menjadi nomal sebagaimana biasa. Hal itu juga menurutnya memberikan pengaruh terhadap sendi-sendi kehidupan, tidak terkecuali masalah-masalah psikologis.

“Secara psikologis kita tertekan, kita sudah bosan di rumah terus, kita tidak nyaman dengan pergaulan yang terbatas, tidak bisa salaman, tidak bisa ngumpul-ngumpul, belum lagi para mahasiswa harus belajar dari rumah, tentu itu psikologisnya agak berbeda, perasaannya agak berbeda” jelasnya.

Lebih lanjut, Guru Besar Sosiologi Agama itu menegaskankan bahwa keadaan yang seperti ini adalah keadaan yang harus diterima dan dihadapi, tidak ada pilihan lain selain beradaptasi. “UIN Antasari dalam hal ini terus berusaha sebaik mungkin untuk memberi layanan maksimal kepada para mahasiswa”,ungkap Mujib.

Sementara itu, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Prof. Dr. Hj. Juairiah, M.Pd. sebelum membuka kegiatan tersebut dalam sambutannya menyatakan kegembiraan dan apresiasi atas terselenggaranya studium genaral kali ini terutama kepada narasumber. Juairiah berharap dengan materi yang disampaikan ini para mahasiswa pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari menjadi mahasiswa yang sukses, baik dalam perkuliahan maupun dalam kehidupan bermasyarakat.