Fakultas Syariah UIN Antasari dan Akademi Pengajian Islam Universiti Malaya Gelar Webinar Internasional

UIN Antasari, Banjarmasin – Dalam rangka memperingati Hari Internasional Pengahapusan Kekerasan terhadap Perempuan Fakultas Syariah UIN Antasari bekerja sama dengan Akademi Pengajian Islam Universiti Malaya menggelar webinar internasional. Webinar ini dilaksanakan secara live via Zoom dan Channel Youtube UIN Antasari Banjarmasin, Rabu (25/11/2020).

Webinar Internasional yang mengangkat tema Islamic law, Human Right and Cultural Perspectives on Violence Against Women: Issues and Challenges ini mendaulat Rektor UIN Antasari Banjarmasin Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA., sebagai Keynote Speech sekaligus membuka secara resmi webinar tersebut. Kegiatan ini dihadiri oleh para dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan UIN Antasari, aktifis hukum dan masyarkat umum.

Dr. H. Jalaluddin, M.Hum., sebagai Dekan Fakultas Syariah UIN Antasari berharap kerja sama dengan Akademi Pengajian Islam Universiti Malaya terus terjalin sehingga perkembangan kedua lembaga ini terus meningkat serta menghasilkan sesuatu yang diharapkan bagi semua pihak. Ia mengajak kepada semua perserta untuk mendukung kegiatan webinar internasional ini sehingga menghasilkan sesuatu yang positif bagi kedua belah pihak.

Sementara itu Rektor UIN Antasari sebelum membuka kegiatan secara resmi menyampaikan kegembiraan atas terselenggaranya kegiatan webinar internasional ini yang merupakan salah satu bentuk kerja sama UIN Antasari Banjarmasin dengan Akademi Pengajian Islam Universiti Malaya. UIN Antasari dan University of Malaya sudah lama menjalin hubungan kerja sama sejak tahun 2017 dan sudah pernah melakukan kegiatan seperti mengirimkan mahasiswa pascasarjana untuk mengikuti satu workshop namun setelah itu tidak ada kegiatan lagi. “Saya sangat bahagia, bahwa ini kajian bisa lagi kita sambung kegiatan yang sangat baik ini meskipun hanya secara virtual tetapi tidak mengurangi maknanya,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan kegiatan hari ini, membawa berkah bagi kita semua dan membuka wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat bagi kita, bagi mahasiswa kita dan bagi umat Islam yang ada di dua negara kita,” tutupnya.

Selanjutnya acara webinar berlangsung dalam dua sesi, sesi utama dimulai 10.20 sampai dengan 12.30 WITA menampilkan 4  pembicara   Prof. Datin Dr. Raihanah Haji Abdullah (Akademi Pengajian Islam Universiti Malaya), Prof. Dr. H. M. Fahmi Al-Amruzi (Fakultas Syariah UIN Antasari), Prof. Dr. Siti Zubaidah Ismail (Akademi Pengajian Islam Universiti Malaya), Dr. Hj. Amelia Rahmaniah, M.H. (Fakultas Syariah UIN Antasari) dan sesi perarel dimulai 14.00 sampai dengan 16.00 WITA menghadirkan presentasi para dosen baik dari Fakultas Syariah UIN Antasari, maupun dari  Akademi Pengajian Islam Universiti Malaya.