Cegah Gangguan Fiskal Terulang, Mahasiswa UIN Antasari Diajak Melek Literasi Keuangan

BANJARMASIN – Sebagai upaya memperkenalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kepada kalangan muda, kali ini Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kalimantan Selatan hadir menyapa para mahasiswa/i Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, dalam kegiatan “Treasury Goes to Campus”.

Kegiatan ini dilangsungkan secara hybrid yang dipusatkan di Auditorium Mastur Jahri dan dialirkan langsung melalui Zoom Meeting, dengan mengusung tema “APBN Kita untuk Kampus Kita dan Kita Semua”, Senin (28/06/2022).

Turut berhadir dalam acara ini Kakanwil DJPb Provinsi Kalsel Sulaimansyah, S.E. beserta jajaran, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan (AUPK) Dr. H. Akhmad Sagir, M.Ag., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Dr. H. Zaki Mubarak, M.Si., Kabag Mikwa Masri, M.Pd, Koordinator Bagian Perencanaan dan Keuangan H. Haris Fadilah, M.Pd.I, Sub Koordinator Bagian Humas dan Informasi Ali Akbar, M.Pd.I, para dosen, serta para mahasiswa/i dari berbagai prodi.

“Saya ucapkan terima kasih atas kesediaan tempat dan waktunya, sehingga kami bisa sharing kepada adik-adik ini. Kami rasa sangat penting, karena mereka nanti ke depan yang meneruskan menjadi pimpinan, dan menggantikan kita-kita semua,” ucapnya dalam sambutan.

Sulaimansyah menjelaskan, selama pandemi pihaknya bekerja sangat keras untuk bisa mengatasi dampak Covid-19 terhadap APBN. Sehingga lewat kegiatan ini, para generasi penerus bangsa bisa memahami dan mengetahui apa yang sudah dilakukan pemerintah, agar apabila kejadian serupa terulang lagi bisa diatasi dengan baik.

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Dr. Akhmad Sagir, M.Ag saat memberikan sambutan dan membuka secara resmi kegiatan TGC

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan UIN Antasari Dr. H. Akhmad Sagir, M.Ag. yang membuka secara resmi kegiatan tersebut, turut mengapresiasi serta mendukung penuh program yang dilangsungkan DJPb ini.

“Kita berterima kasih atas segala fasilitas yang disiapkan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kalsel, selamat mengikuti kegiatan hari ini, mudah-mudahan acara kita berjalan dengan lancar dan mendapatkan rida dari Allah Swt.,” tuturnya.

Dalam kegiatan yang dimoderatori oleh Sekretaris Prodi Perbankan Syariah Yusuf, S.E., M.E. ini, peserta mendapatkan materi dari para narasumber yang dibagi dalam 2 sesi. Materi pertama langsung disampaikan Kakanwil DJPb Kalsel seputar APBN. Yang kedua dipaparkan Wakil Dekan FEBI Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. H. Zaki Mubarak, M.Si., tentang peran perguruan tinggi dalam mendorong kebijakan fiskal dan dampaknya bagi pertumbuhan ekonomi pasca covid-19.

Sisi diskusi dan tanya jawab para peserta setelah pemaparan materi oleh narasumber

(Yad/Fur/Ali)