Bupati Tersanjung dengan Kedatangan Mahasiswa KKN UIN Antasari di Kabupaten Balangan

Bupati Balangan H. Abdul Hadi merasa tersanjung karena mahasiswa Universitas Islam Nageri (UIN) Antasari Banjarmasin memilih Kabupaten Balangan sebagai tempat untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

“Ini tentu akan memberikan manfaat bagi kemajuan di desa-desa yang menjadi tempat KKN, oleh karena itu kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada mahasiswa KKN UIN Antasari,” ucap Bupati saat melakukan penyambutan sekaligus penerimaan terhadap 300 orang lebih mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin yang akan melaksanakan KKN di Kabupaten Balangan, Senin (14/3/2022).

Sebanyak 300 orang lebih mahasiswa KKN-UIN Antasari Banjarmasin ini nantinya akan melakukan pengabdian terhadap masyarakat tiap desa di Kabupaten Balangan, khususnya di wilayah pedalaman.

Dalam sambutannya H. Abdul Hadi menyampaikan, Kabupaten Balangan dibandingkan dengan Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan merupakan daerah yang masih muda dan jumlah penduduk yang paling sedikit dibandingkan penduduk Kabupaten/Kota lainnya di Kalsel.

Bupati menerangkan, jumlah penduduk di Balangan sekitar 135 ribu jiwa yang terbagi dalam 8 kecamatan dan 154 desa.

Dia juga mengucapkan selamat melakukan pengabdian untuk masyarakat kepada mahasiswa KKN UIN Antasari Banjarmasin.

Abdul Hadi meminta mahasiswa UIN untuk bisa menunjukkan kemampuan mereka agar bisa menjadi teladan dan bisa menjadikan kemajuan di masyarakat Balangan.

“Sekali lagi terima kasih dan kami ucapkan selamat ber-KKN di Balangan. Insya Allah kita Pemda Balangan akan meberikan dukungan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu pula, Rektor UIN Antasari Banjarmasin, Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA yang turut hadir mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Balangan yang telah memberikan dukungan yang luar biasa untuk KKN UIN Antasari tahun ini.

“Kami berharap anak-anak mahasiswa kami bisa diterima dengan baik di masyarakat dan juga bisa membantu kemajuan pemberdayaan pendidikan wawasan masyarakat di Balangan,” terangnya.

Rektor mengatakan, total mahasiswa KKN UIN Antasari di Kabupaten Balangan ada lebih 300 orang, dari seluruh jumlah mahasiswa KKN tahun ini sebanyak 920 orang.

“300 orang lebih itu di Balangan jadi sangat banyak di sini dan akan ditempatkan di berbagai desa terutama di pedalaman,” lanjutnya.

Alasan UIN Antasari memilih Kabupaten Balangan adalah karena di tempat ini masih banyak yang bisa dikerjasamakan untuk pemberdayaan masyarakatnya, dan wilayah ini adalah lapangan yang sangat tepat untuk pendidikan anak-anak UIN Antasari sekaligus pengabdian kepada masyarakat kampus UIN Antasari.

“Kami berharap bahwa kegiatan seperti ini dan berbagai pemberdayaan masyarakat pendidikan itu akan bisa dilaksanakan secara terus menerus, berkesinambungan dan kami terus bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dan seluruh jajaran,” pungkasnya.