25 Mahasiswa UIN Antasari Presentasikan Artikel Pada BUAF Ke-5 2021 di IAIN Pontianak

Selasa, 12 oktober 2021. Bertempat di Aula Syeikh Abdur Rani Mahmud IAIN Pontianak. Wakil Rektor bidang kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Antasari Dr. Hj. Nida mufidah, M.Pd beserta 10 mahasiswa/i perwakilan peserta dari UIN Antasari menghadiri acara pembukaan 5th Borneo Undergraduate Academic Forum (BUAF) yang pada tahun ini ini diselenggarakan oleh IAIN Pontianak. Turut hadir pula dalam acara tersebut Sekretaris jenderal Kementerian Agama RI Prof. Dr. Nizar Ali. M.Ag. Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H. M.Hum, para Rektor PTKIN dari Kalimantan dan luar Kalimantan baik secara langsung maupun secara daring.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H. M.Hum memberikan mandat kepada perguruan tinggi islam sebagai salah satu poros pengetahuan islam di indonesia dalam mengimplementasikan ajaran Islam dalam masa COVID-19. Bagaimana Islam mengajarkan ketika suatu tempat diserang wabah sebagaimana yang pernah terjadi pada masa Rasulullah  merupakan contoh yang bisa kita tiru ungkap beliau. Gubernur Kalimantan Barat pada kesempatan tersebut juga menyampaikan harapannya agar semoga melalui pertemuan BUAF ini dapat menghasilkan pengetahuan yang positif untuk kita bisa menghadapi pandemi COVID-19 ini.

Selaras dengan pernyataan Gubernur Kalimantan Barat, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Prof. Dr. Nizar Ali. M.Ag yang pada kesempatan tersebut juga membuka secara resmi acara 5th Borneo Undergraduate Academic Forum (BUAF) menyatakan bahwa Tema buaf tahun ini yaitu People and science in the COVID-19 Outbreak sangat relevan dengan kondisi yang dihadapi oleh indonesia saat ini, bahkan seluruh dunia. Selain itu beliau juga memberikan pujian atas perkembangan BUAF yang sudah memasuki perhelatan ke 5. “BUAF diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengasah kemampuan dan ketajamam intelektual para mahasiswa khususnya dari PTKI di Kalimantan. Dalam perjalananya BUAF tidak lagi hanya diminati oleh mahasiswa dari PTKI di Kalimantan. Akan tetapi juga dari PTKI seluruh Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa BUAF telah berkembang menjadi event yang bergengsi” ungkap beliau.

5th Borneo Undergraduate Academic Forum dilaksanakan pada 12-14 oktober 2021 bertempat di kampus IAIN Pontianak. UIN Antasari Banjarmasin berhasil mengirimkan 25 Artikel mahasiswa dari berbagai fakultas untuk tampil dalam 21 Parallel Session baik secara luring ataupun secara daring.