Dua Mahasiswa UIN Antasari Ikuti Program JENESYS 2018 di Jepang

Dua mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin, Miftah Al-Farhan, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan Jerina Fujiantie, mahasiswi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, mengikuti JENESYS 2018 Inbound Program yang di selenggarakan oleh JICE (Japan International Coorperation Center) di Jepang, 11-18 Desember 2018 bersama 7 orang Mahasiswa UIN se-Indonesia Lainnya.

Jenesys di selenggarakan guna menambah pemahaman mahasiswa terhadap negara Jepang yang di promosikan oleh Kementerian Luar Negeri kepada negara-negara di Asia-Pasifik, Amerika Utara, Eropa, dan Amerika Setikat. Salah satunya adalah Negara Indonesia. Diharapkan dengan adanya program ini, mahasiswa dapat membangun persahabatan dan kerja sama di masa depan. Selain itu yang terpenting dari program ini adalah agar para peserta dapat membagikan pengalaman mereka kepada masyarakat dan teman-teman di negara masing-masing.

Para peserta di ajak Lembaga pendidikan untuk berdiskusi sebagai sesama pelajar. Selain itu, Lembaga Pemerintahan dan Kebudayaan untuk mengetahui sejarah juga kehidupan sosial masyarakat Jepang, mengunjungi Balai Indonesia dan Mesjid Indonesia Tokyo untuk berdiskusi mengenai kehidupan Islam di mata Jepang. Para peserta tinggal bersama keluarga angkat yang merupakan masyarakat asli Jepang.

Setelah program di Jepang berakhir, peserta diminta membuat sebuah action plan atau rencana penerapan ilmu yang telah didapat di Jepang. Diharapkan dengan adanya program ini para peserta mahasiswa dapat menjadi penggerak di negara masing-masing untuk lebih maju lagi.

Tinggalkan Balasan