Wow, Putri Pimpinan Pesantren Terkenal Ini Pernah Kuliah di UIN Antasari

PALEMBANG – Di Sumatera Selatan, ada pesantren terkenal bernama Ittifaqiyah Indralaya. Lulusannya banyak berkuliah ke luar negeri, timur tengah, Eropa, Korea, bahkan ada yang memilih Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin.

Salah satu alumnus tersebut ternyata putri sang pimpinan pesantren Drs. K.H. Mudrik Qori, M.A. Kedekatan antarlembaga ini tentunya bukanlah tanpa alasan, karena sudah memiliki ikatan kerja sama, yang kembali diperbarui Rektor UIN Antasari Prof. Dr. H. Mujiburrahman, M.A., saat bersilaturahmi Sabtu kemarin (02/07/2022).

Rektor mengaku beruntung bisa berkunjung, melihat langsung efektivitas pengajaran, yang sering melahirkan hufaz andal, dengan santri sekitar 7 ribu orang.

Hebatnya, program tersebut hanya satu bagian dari keunggulan pesantren ini, yang memiliki enam kelas excellent tanpa biaya tambahan.

“Yaitu (1) tahfiz Al-Qur’an 30 juz; (2) kelas yang disiapkan sesuai kurikulum Universitas Al-Azhar Kairo; (3) kelas kitab kuning yang disiapkan menguasai kitab turats; (4) kelas sosial pemimpin yang disiapkan untuk lanjut kuliah ke universitas di Asia, Eropa, Australia, dan Amerika; (5) kelas Matematika dan IPA yang disiapkan mendalami sains dan teknologi di Jepang, Korea, dan Eropa; dan (6) kelas kewirausahaan yang dibina kemampuan bisnisnya,” cerita Prof. Dr. H. Mujiburrahman, M.A., dalam postingan akun facebooknya di @Mujiburrahman Al-Banjari.

Rektor UIN Antasari Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA saat menjadi pembicara dalam Seminar Nasional “Nilai-Nilai Al-Qur’an di Era Digital, oleh Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah Indralaya

Di kesempatan ini, Rektor turut mendapat kehormatan menjadi pembicara dalam Seminar Nasional “Nilai-Nilai Al-Qur’an di Era Digital, oleh Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah Indralaya.

“Alih-alih mengajarkan sesuatu, saya sebenarnya banyak belajar dari mereka,” sanjung rektor.

Seperti diketahui, UIN Antasari memiliki sekitar 36 program studi, yang terbagi ke dalam 5 fakultas, Tarbiyah dan Keguruan, Syariah, Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis Islam, serta Ushuluddin dan Humaniora. Bahkan sebagian di antaranya sudah terakreditasi A.

Saat ini penerimaan mahasiswa baru masih terbuka lewat jalur seleksi mandiri, yang bisa diakses di web www.uin-antasari.ac.id.

(Fur/Ali/Yad)