UPKK Gelar Webinar Optimalisasi Kompetensi Lulusan Memasuki Dunia Kerja dan Lanjut Studi

UIN Antasari, Banjarmasin – UPT Pengembangan Kewirausahaan dan Karier (UPKK) Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari kembali menggelar webinar untuk para wisudawan dan wisudawati UIN Antasari tahun 2021, Selasa (06/04/2021).

Webinar bertajuk “Optimalisasi Kompetensi Lulusan Memasuki Dunia Kerja dan Lanjut Studi” menghadirkan Ermanto Dwi Atmoko, S.Psi., M.Si.  sebagai narasumber. Juga Selvia Santi, S.Th.I.,  M.A dan Khairunnisa, S.Pd. Alumni UIN Antasari yang berbagi tentang  Success Story.

Kepala UPT UPKK, Raden Yani Gusriani, SE., MM. dalam sambutannya menyampaikan, UPT UPKK mempunyai tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) melaksanakan pengembangan kewirausahaan dan karier dan profesi civitas akademika UIN Antasari serta layanan Informasi Bursa Kerja Bagi Alumni.

Ia menjelaskan, di beberapa perguruan tinggi TUPOKSI dibagi dalam 2 bagian, ada pengembangan keriwausahaan yang menjadi inkubator bisnis dan pengembangan karier yang menjadi career development center (CDC). Di UPKK UIN Antasari kedua hal ini digabung menjadi satu.

“Webinar kali ini adalah upaya dalam pengembangan karier alumni di mana UPKK diamanati untuk melakukan pendampingan sampai tiga tahun terakhir” katanya.

Ia menambahkan, webinar ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan kenapa sarjana banyak menganggur serta menghadapi banyak problem dalam memasuki dunia kerja. Ia berharap para alumni mengikuti kegiatan webinar ini dengan serius untuk mempersiapkan diri dalam menapaki dunia kerja.

”Dunia kerja penuh dengan drama, sedih, tangis, candaan dan tawa semuanya akan bercampur menjadi satu selama mencari pekerjaan. Persiapkan dirimu sebaik mungkin sebelum menghadapi masa-masa yang penuh drama ini, tetap semangat kami selalu ada untuk kalian” pesannya kepada seluruh perserta webinar.

Dalam kesempatan yang sama Rektor UIN Antasari, Prof. Dr. H. Mujiburrahman, M.A. menyatakan terima kasih dan apresiasi kepada UPKK yang berinisiatif melaksanakan kegiatan webinar dalam rangka membantu mahasiswa dan alumni UIN Antasari untuk medapatkan pekerjaan ataupun melanjutkan studi.

“Kita sejak 2 tahun terakhir berusaha untuk mendampingi alumni selama 3 tahun” kata Mujiburrahman.

UIN Antasari tidak melepas begitu saja para mahasiswanya setelah menyelesaikan studi tetapi UIN Antasari berkomitmen untuk melayani mahasiswa/alumni mempersiapkan diri dan meningkatkan kompetensi agar bisa lebih mudah untuk memasuki dunia kerja. “Komitmen kami ini saya kira sudah mantap, tinggal bagaimana alumni memanfaatkanya” tuturnya.

Dihadapkan para peserta, Mujiburrahman menggambarkan perkembangan dunia terutama dunia kerja. di mulai ketika memasuki era industri 4.0 yang mengalami disrupsi dan disrupsi menjadi berlipat ganda ketika terjadi pademi COVID-19. Menurutnya, situasi seperti ini memerlukan kreatifitas yang lebih tinggi, kemampuan untuk memecahkan masalah, kemampuan dalam menganalisis, dan kemampuan untuk bekerja sama. Selain itu, percaya diri dan kemampuan dalam berbahasa asing juga penting.

“Kegiatan pada hari ini untuk memberikan bekal kepada teman-teman semua dan motivasi, apa yang kita lakukan ini adalah motivasi ekstrinsik untuk mendorong anda nanti setelah kegiatan ini menjadi kreatif, anda ingin terus-menerus maju dan berkarya, bermanfaat bagi masyarakat” pungkasnya.