UIN Antasari Terjunkan 1.731 Mahasiswa KKN Ke Berbagai Wilayah di Kalimantan Selatan dan Yogyakarta

Banjarmasin (UIN Antasari) – Bertempat di halaman gedung Pusat Sumber Belajar (PSB), Senin (01/19/2019), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Antasari melaksanakan upacara pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) semester ganjil tahun akademik 2019-2020 yang akan dilaksanakan  diberbagai kabupaten di Kalimantan Selatan, meliputi Kabupaten Tanah Bumbu, Kotabaru, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara, Tapin, Banjar dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

KKN merupakan kegiatan akademik dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa program strata-1 (S 1) UIN Antasari Banjarmasin dalam rangka memberikan bekal pengalaman dalam melayani dan mengabdi kepada masyarakat.

Ketua LP2M, Dr. H. Yahya Mof, M.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa semester ini UIN Antasari akan menerjunkan 1.731 mahasiswa KKN yang didistribusikan ke dalam beberapa model KKN yaitu: KKN Reguler 1313 orang mahasiwa, KKN Nusantara ke Yogyakarta 30 mahasiswa, KKN Ekspedisi Nusantara Jaya Kemaritiman 25 mahasiswa, dan KKN Tematik (Pembinaan Muslim Pedalaman) 343 mahasiswa. Pelaksanaan KKN yang akan berlangsung selama dua bulan terhitung sejak 1 Oktober hingga 30 November 2019 itu  akan didampingi oleh 63 orang supervisor dari kalangan dosen.

Selanjutnya, Rektor UIN Antasari Prof. Dr. H. Mujiburahman, M.A dalam sambutannya menyampaikan kepada mahasiswa KKN untuk selalu menjaga kesehatan, tingkah laku dan kekompakan tim.

“Kampus kita adalah kampus agama yang mengusung visi Unggul dan Berakhlak. Untuk itu, rekan-rekan mahasiswa yang mengikuti KKN harus membawa nama harum kampus dan meninggalkan kesan indah di masyarakat. Menampilkan perilaku-perilaku teladan agar semakin banyak masyarakat kita yang mengenal UIN Antasari, bukan karena namanya, namun karena perilaku teladan dan prestasi mahasiswanya, sehingga akan semakin banyak lagi masyarakat yang tertarik untuk kuliah di UIN Antasari Banjarmasin”, ujar Alumni Utrecht University itu

Mujiburrahman juga dalam sambutannya juga memberikan apresiasi kepada LP2M UIN Antasari Banjarmasin

“Saya ingin mengucapkan terima kasih dan anda semua para peserta KKN saya kira harus berterima kasih kepada LP2M dan seluruh jajarannya yang telah berkerja keras menyiapakan segala sesuatunya selama berbulan-bulan, dari suvei lapangan, kelayak lokasi, sampai kepada permohonan dukungan dari semua kabupaten yang akan menyambut anda”, tegasnya (yd/humas)