UIN Antasari Raih Akreditasi Baik Sekali

UIN Antasari Banjarmasin berhasil mendapat peringkat akreditasi Baik Sekali dengan nilai 345 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) setelah melaksanakan proses assesmen lapangan secara daring pada tanggal 11 -12 Juni 2021. Penetapan pemeringkatan akreditasi perguruan tinggi ini berdasarkan keputusan BAN-PT No 590/SK/BAN-PT/Akred/PT/VI/2021 yang berlaku sejak tanggal 29 Juni 2021 s/d 29 Juni 2026.

“Alhamdulillah kerja keras kita semua menunjukkan hasil yang menggembirakan. Ini suatu peningkatan yang signifikan dari akreditasi sebelumnya. Pada Surveilance yang dilakukan BANPT setelah alih status dari IAIN ke UIN, 16-18 November 2017 lalu, peringkat kita adalah B dengan skor 317. Waktu itu, akreditasi masih menggunakan Tujuh Standar. Sekarang, kita menggunakan Sembilan Kriteria, yang jauh lebih berat, dan mendapat skor 345 dengan peringkat Baik Sekali,” kata Rektor UIN Antasari, Mujiburrahman.

Dalam pelaksanaan Asesmen Lapangan secara daring pertengahan Juni 2021 lalu itu, BAN-PT menugaskan empat orang assesor yang berasal dari institusi yang berbeda yang diketuai oleh Dr. Sugeng Listyo Prabowo, M. Pd. Dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, bersama tiga asesor lainnya ; Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, BA, M.Pd. dari Univeritas Negeri Surabaya, Prof. Dr. Samsubar Saleh, M. Soc. Sec dari Uniersitas Gajah Mada, dan Dr. Amil Ahmad Ilham, ST.,M.IT. dari Universitas Hasanuddin Makassar.

Dalam proses panjang persiapan akreditasi perguruan tinggi, UIN Antasari membentuk Tim APT sejak tahun 2018 yang terdiri unsur pimpinan serta melibatkan dosen dan tendik dari berbagai unit kerja di lingkungan UIN Antasari sehingga berhasil merampungkan laporan sebagaimana yang dipersyaratkan BAN-PT. UIN Antasari mengirimkan Laporan Kinerja Perguruan Tinggi (LKPT) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) pada akun sistem akreditasi perguruan tinggi online (SAPTO) BAN-PT dengan menggunakan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi versi 3.0 (IAPT 3.0) atau Instrumen Akreditasi Sembilan Kriteria pada tanggal 18 Desember 2020 atau 6 (enam) bulan sebelum masa akreditasi sebelumnya berakhir dan dinyatakan diterima dengan status lengkap oleh SAPTO pada tanggal 22 Januari 2021.

Asesor yang ditugaskan melakukan proses asesmen kecukupan (AK) terhadap laporan yang dikirmkan oleh UIN Antasari Banjarmasin dan telah diselesaikan pada tanggal 23 Februari 2021. Kemudian dilakukan validasi oleh asesor validator, sehingga pada tanggal 1 Juni 2021 diterbitkanlah surat BAN-PT No. 1979/BAN-PT/SPT-AKA/2021 tentang pemberitahuan jadwal Asesmen Lapangan daring.

Dalam kegiatan assesmen lapangan yang berlangsung selama dua hari terdiri dari beberapa sesi. Hari pertama terdiri dari sesi dengan pimpinan perguruan tinggi, sesi konfirmasi LKPT dan LED, sesi penjaminan mutu dan sesi dengan middle managemen yang melibatkan banyak pihak terdiri dari; Prof. Mujiburrahman, MA (Rektor), Dr. Hamdan, M. Pd (Wakil Rektor I), Dr. Sukarni, M. Ag (Wakil Rektor II), Dr. Nida Mufidah, M. Pd (Wakil Rektor III), Dr. Jalaludin, M. Hum (Dekan FS), Prof Dr. Juairiah, M. Pd (Dekan FTK), Dr. Ahmad Sagir, M. Ag (Dekan FDIK), Dr. Irfan Noor, M. Ag (Dekan FUH), Dr. Fathurahman Azhari, MHI (Dekan FEBI), Prof. Dr. Syaifuddin Sabda, M. Ag (Direktur Pascasarjana), Drs. H. Amal Fathullah, M.Pd.I, Drs. Mukhlis, M. Pd (KaBiro AAKK), Dr. H. Husnul Yaqin, M.Ed (Ketua LPM), Dr. Ridha Darmawaty, M.Pd (Sekretaris LPM), Drs. Muhammad Yuseran, M.Pd (Kapus Pengembangan Standar), Dr. Muhammad Zainal Abidin, M.Ag (Kapus Audit dan Pengembangan Mutu), Dr. Muhamad Sabirin, M.Si (Kapus Pendampingan dan mutu mahasiswa), Dr. H. Yahya MOF, M. Pd (Ketua LP2M), Drs. Emroni, M. Ag (Sekretaris LP2M), Dr. Wardani, M.Ag (Kapus Penelitian dan Publikasi Ilmiah), Drs. H. M. Abduh Amrie, MA(Kapus PkM), Dr. Fatrawati Kumari, M.Hum (Kapus Studi Gender dan Anak), H. Haris Fadilah, S. Ag, M.Pd.I (Kabag Perencanaan dan Keuangan), Rahimah, S.Ag (Kasubbag Kerjasama pada Bagian Kerjasama, Kelembagaan, dan Humas), Masri, S. Ag (Kabag Akademik dan Kemahasiswaan), Bulkisnawati, S. Ag, M.Pd.I (Kabaga Organisasi dan Kepegawaian), Dr. Halimatus Sakdiah, S.Ag., M.Si Wadek I FDIK), TIM APT ; Dr. Rabiatul Adawiyah, M.Ag. Dr. Hj. Tarwilah, M.Ag, M. Irfan Islamy, M.Pd, Ratna Kartika Irawati, M.Pd, Musyarrafah, M.Pd, Muqarramah, M.Pd.I, Abu Bakar, S.Ag., M.H.I, Ita, M.Pd, Faqih El Wafa, M.S.I, Yusuf Asyahri, S.E., M.E., Najla Amaly, S.I.Kom., M.Med.Kom, Suryandari, M.Pd , Lisa Liana, S.Pd, M.Pd.I., Lia Agustina, M.Pd, Mustafa, S.Ag. serta seluruh ketua program studi dan kepala bagian serta koordinator bagian di lingkungan UIN Antasari.

Adapun di hari kedua sesi dengan alumni, pengguna eksternal, mitra kerjasama dan orang tua yang melibatkan Abdul Wahid (Alumni/ Bupati HSU KalSel), Masrawan (Alumni/Kakanwil Kementerian Agama), Hilal Najmi (Alumni/Kepala MAN Insan Cendekia Tanah Laut Kalsel), Saiful Mukmin (Alumni/Kepala Sekolah SMP Islam Terpadu Hidayatul Quran Boarding School Banjarbaru), Yansyah (Alumni/Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Univ. Muhammadiyah Banjarmasin), Nur Mahya (Alumni/Anggota Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Selatan, Koordinator Bidang Kelembagaan ), Ahmad Rafiq (Alumni/Ketua Prodi S-3 Islamic Studies pada Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Amiratun Nahr (Alumni/Pimpinan Banjar TV), Andi Muhammad Asbar (alumni dan dosen STAI Al-Ghazali, Blukumba, Sulawesi Selatan), Harfin (Alumni/Kasi pada Kementerian Agama Kalimantan Selatan), Saidi (Alumni S2/Kepala Sekolah MA Baiturrahim HSS KalSel), Abu Bakar (Alumni S2/PNS Kota Banjarmasin), Muhammad Yusran (Alumni S3/ Wakil 1 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Ulum, Muslimah (Alumni S2&S3/Kaprodi S2 MPI Pascasarjana IAIN Palangkaraya), Jubaidah (Pengguna/Ketua PA Barito Kuala), Nina Richi Tresy Putri, S,Sos (Pengguna/Yayasan Pendidikan GIBS Banjarmasin Kalsel), Andika (Pengguna/OJK KalSel), H. Syahrani, (Pengguna/Kasi Bima Islam Kemenag Kota Banjarmasin), H. M. Rofi’i, S.Ag, M.Pd.I (Pengguna/Kepala Kemenag Kota Banjarmasin), Mahir Martin (Mitra Kerjasama/Kepala SMA Banua Boarding School KalSel), Nadir (Mitra Kerjasama/Yayasan Al Furqan Banjarmasin), Asmiyadi (Orang Tua), Hikmawati (Orang Tua), Asmadi (Orang Tua).

Di hari yang sama juga berlangsung sesi konfirmasi bersama dosen yang terdiri dari Dr. Faisal Mubarak, Lc., M.A, Dr. Zaki Mubarak, M.M, Dr. Anwar Hafidzi, M.H.I., Irma Rahmawati, M.Pd, Eko Wahyu, M.Pd., M. Irfan Islamy, M.Pd , Iqbal Assyauqi, Luthfi Yanti Fitriyah, M.Pd, Rifqi Hidayat, M.H.I. Kemudian dilanjutkan sesi bersama tenaga kependidikan yang menghadirkan Hj. Bulkisnawati (Tendik/Kabag. Organisasi & Kepegawaian), Masri (Tendik/Kabag. Akademik & Kemahasiswaan), H. Haris Fadillah (Tendik/Kabag Perencanaan & Keuangan), Lisda Aysiah (Tendik/Kasubbag Umum Fakultas Syariah), Fajar Shiddiq (Tendik/Kabag Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan), Difi Dahliana (Laboran), Muhammad Hikam (Laboran), Adi Wahyuni Ilhami (Laboran), Laila Rahmawati (Pustakawan), Akhmad Syauqi (Pustakawan). Sesi di hari kedua ini diakhiri dengan audiensi dengan para mahasiswa pada program sarjana hingga doktor yang terdiri dari Husin Ali, Sinta, Ilham, Aina Rosida, Khalisa, Al Zakaria, Sofa Halisa, M. Rasyidi Hidayat, Jerina Fujiantie, Mahdi Hidayatullah, Lia Hafizah, Kusmiyanti, Panji Anshori, Wahyu Ermalina, Radhia, Muhammad Rafi, Khairani, Rakhmat Hidayat.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu menyiapkan akreditasi ini selama lebih dari setahun, khususnya kawan-kawan di Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Antasari, yang dipimpin oleh Dr. Husnul Yaqin, M. Ed beserta Sekretaris, Dr. Ridha Darmawaty, M.Pd dan Kepala-Kepala Pusat LPM. Tak lupa dukungan para alumni, mitra kerjasama dan seluruh pejabat, dosen dan tenaga kependidikan. Semoga Allah memberikan balasan yang berlipat ganda. Saya optimistis, ke depan kita akan lebih baik lagi,” kata Rektor.