UIN Antasari Banjarmasin Apresiasi Kegiatan Sosialisasi Metode Transaksi Milenial Menggunakan QRIS

Banjarmasin, UIN Antasari – “Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bank Indonesia (BI) yang setia membantu dan bekerjasama dengan UIN Antasari selama bertahun-tahun, baik itu dalam memberikan beasiswa, pelatihan-pelatihan juga kegiatan-kegian seminar yang dilaksanakan selama ini untuk anak-anak kami di UIN Antasari. Kami sungguh sangat bahagia sekali hal ini terus bisa dilaksanakan dan berharap kedepannya juga akan terus dilaksanakan dan bisa ditingkatkan dengan berbagai kegiatan guna membekali anak-anak kita menyambut masa depan yang lebih baik”, demikian disampaikan Rektor UIN Antasari Banjarmasin Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA saat mengawali sambutannya dalam kegiatan BITalk yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia dan Kompasia dengan tema QRIS: Gaya Transaksi Milenial di Era New Normal secara virtul melalui Zoom. Senin (14/09/2020).

Rektor menyampaikan bahwa pada zaman seperti ini QRIS yang tekait tentang teransaksi elektronik merupakan sebuah kebutuhan yang tidak bisa dihindari dikarenakan ancaman krisis pandemi COVIS-19. Menurutnya, walaupun kedepannya kriris ini berakhir kebutuhan akan komunikasi/ transaksi elektronik akan tetap dibutuhkan.

“Komunikasi/ transaksi elektronik ini sangat efisien, cepat, dan memudahkan kita untuk bertransaksi itu sendiri, dan ini saya kira adalah masa depan yang ada dihadapan kita terutama anak-anak muda saat ini, mahasiswa generasil milenial yang memang hidup pada zaman teknologi ini berkembanga dan dikembangkan”. Ujarnya

Dalam kesemptan tersebut Mujiburrahman juga menyampaikan pemikiran Slavoj Zizek yang ditulis dalam bukunya Pandemic Covid-19 Shakes The World bahwa kita umat manusia tidak akan pernah bisa lagi kembali kepada kenormalan dimasa lalu, tetapi kita harus kita harus menyusun kenormalan yang baru dari reruntuhan yang lama.

“Saya kira pengenalan penggunaan teknologi digital termasuk transaksi elekronik ini adalah bagian dari masa depan yang itu kita harus hadapi yang kita susun dari reruntungan yang lama itu.” Pungkasnya.

BITalk kali ini diselenggarakan secara khusus untuk mehasiswa/mahasiswi UIN Antasari Banjarmasin dalam rangka memperkenalkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dengan narasumber I.G.A Bagus Pratama Raditia (Asisten Manajer Departemen Komunikasi BI), Mirza Afifa (Manajer dari Departemen Komunikasi BI), dan Martalinda Basuki (Owner Coklat Klasik).