Tadris Kimia UIN Antasari Lakukan Benchmarking untuk Persiapan Akreditasi dan Pengembangan Sumber Daya Dosen serta Mahasiswa

Kamis (2018/07/19) – Jurusan Tadris Kimia kembali melaksanakan salah satu agenda Jurusan untuk bulan Juli 2018, yaitu pelaksanaan benchmarking. Benchmarking adalah suatu proses yang biasa digunakan dalam manajemen atau umumnya manajemen strategis, dimana suatu unit/bagian/organisasi mengukur dan membandingkan kinerjanya terhadap aktivitas atau kegiatan serupa unit/bagian/organisasi lain yang sejenis baik secara internal maupun eksternal.

Tempat tujuan benchmamrking Jurusan Tadris Kimia FTK UIN Antasari Banjarmasin adalah Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat dengan alasan merupakan lembaga Pendidikan Kimia yang tertua di Kalimantan Selatan yang berdiri sejak tahun 1984 dan terakreditasi B. Rombongan kunjungan Jurusan Tadris Kimia ini terdiri dari seluruh dosen dan staf Jurusan Tadris Kimia yang berjumlah 11 orang, seluruh mahasiswa Jurusan Tadris Kimia angkatan pertama (2017) sebanyak 9 orang, serta didampingi oleh wakil dekan 1 bidang akademik FTK UIN Antasari Banjarmasin, Dr. Hairul Hudaya, M.Ag.

“Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat sangat berterima kasih karena telah dijadikan pilihan oleh Jurusan Tadris Kimia untuk pelaksanaan benchmarking terkait akreditasi, pengelolaan laboratorium dan pelaksanaan perkuliahan,” kata Dr. Hj. Atiek Winarti, M.Pd., M.Sc., Kaprodi Pendidikan Kimia FKIP ULM.

Sementara itu, Dr. Hairul Hudaya, M.Ag dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih karena telah disambut secara baik, hangat, bahkan difasilitasi langsung oleh pihak Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ULM pula. “Kunjungan ini bukanlah kunjungan pertama, melainkan bentuk tindak lanjut dari kesepakatan kerjasama yang telah disetujui oleh pihak FTK UIN dan FKIP ULM pada tahun 2017 untuk Jurusan Tadris Kimia, Tadris Fisika, dan Tadris Biologi pada bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian,” imbuhnya.

Benchmarking dengan tiga agenda utama yang disepakati langsung dipandu oleh dosen-dosen Prodi Pendidikan Kimia. Kegiatan sharing akreditasi Prodi Pendidikan Kimia dipandu oleh narasumber yaitu Drs. Parham Saadi M. Si yang juga bekerja pada Unit Penjamin Mutu FKIP Universitas Lambung Mangkurat, pembahasan tentang pengelolaan laboratorium dipandu langsung oleh Ketua Laboratorium Kimia, FKIP ULM , Drs. H. Bambang Suharto, M.Si, serta Laboran Prodi Pendidikan Kimia Norr Elfa, S.Si dan terkait pelaksanaan perkuliahan (belajar dan mengajar di kelas) dipandu dan dipraktekkan secara langsung oleh dosen kimia, Almubarak, M.Pd dalam  perkuliahan Kimia Sekolah 1 yang diikuti oleh mahasiswa pengikut mata kuliah dan mahasiswa Jurusan Tadris Kimia.

Akhir dari kegiatan kunjungan dalam benchmarking, secara terpisah Dr. Hairul Hudaya, M. Ag selaku pendamping kegiatan memberikan simpulan terkait apa yang diperoleh selama kunjungan,”Pelajaran yang dapat diambil bahwa untuk mendapatkan akreditasi A perlu upaya serius, kuat, kerja keras dan didukung oleh semua pihak. Tanpa itu semua, maka ia hanya sebatas mimpi yang entah kapan terwujud,” pesannya. (km/fdh/humas)