Pusat Studi Falakiyah Fakultas Syariah UIN Antasari Pantau Hilal Awal Ramadhan 1442 H

Pusat Studi Falakiyah Fakultas Syariah UIN Antasari melaksanakan kegiatan Rukyatul Hilal awal Ramadhan 1442 H pada sore Senin 12 April 2021.
Kegiatan yang mengambil lokasi di atas gedung Universitas Muhammadiyah Banjarmasin di Jalan Gubernur Sarkawi Handil Bakti ini dimulai pkl.17.00 waktu setempat dengan didahului pengarahan dan penjelasan tentang posisi hilal oleh Rahman Helmi, S.Ag. MSI. dosen Ilmu Falak selaku pemandu kegiatan.

Kegiatan rutin tahunan ini diikuti perwakilan mahasiswa sebanyak 20 orang dari Prodi Hukum Keluarga Islam, Prodi Hukum Tatanegara, Prodi Hukum Ekonomi Syariah, dan Prodi Perbandingan Mazhab. Turut hadir mendampingi Dr. Budi Rahmat Hakim, S.Ag. MHI (Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan), Dra. Hj. Wahidah, MHI (Ketua Prodi HKI), Arie Sulistyoko,S.Sos.MH. (Ketua Prodi HTN), Miftah Faridh, SHI.MHI.(Sekprodi PM), Rahmat Fadillah, MH. (Sekprodi HKI), dan Muhammad Fahmi Nuran, MH. (Dosen Prodi HES).

 

Budi Rahmat Hakim mewakili Dekan Fakultas Syariah UIN Antasari dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan rukyatul hilal ini pada prinsipnya sebagai pembelajaran dan pengayaan praktis dari materi perkuliahan Ilmu Falak yg diambil sebelumnya oleh mahasiswa karenanya beliau berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai pengembangan wawasan dan pengalaman dalam praktik observasi hilal yang merupakan kompetensi penting yang harus dimiliki calon sarjana syariah.

Budi menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada pihak Universitas Muhammadiyah Banjarmasin yang telah bekerjasama dan mendukung fasilitasi tempat yang sangat representatif dalam kegiatan observasi hilal ini.
Lebih jauh, harap Budi, kegiatan ini juga dapat menjadi bagian kontribusi kampus bagi kepentingan umat secara luas sebagai bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi.