Pemukulan Gong Tandai Awal Resmi GELORA ke XI Se-Kalimatan Selatan dan Tengah

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasa Sama Dr. Irfan Noor, M.Hum saat lakukan pemukulan gong dalam pembukaan Gelar Lomba Pramuka (Gelora) Penegak  Ke-XI, (Foto Humas : HR)

Pelaihari –  Rektor UIN Antasari Banjarmasin yang diwakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasa Sama, Dr. Irfan Noor, M.Hum resmi membuka Gelar Lomba Pramuka (GELORA) Penegak Ke-XI yang diselenggarakan Dewan Racana Pangeran Antasari – Dewi Saranti Gerakan Pramuka Gugus Depan Banjarmasin 03.167-03.168 UIN Antasari Banjarmasin tanggal 20 – 23 Oktober 2022, Kamis (20/10/2022).

Pembukaan yang mengusung tema “Eksestinsi Jiwa Kepemimpinan Guna Menjadi Tunas Muda yang Kreatif, Inovatif, dan Kompetitif dalam Berkarya Mengembangkan Digitalisasi Menuju Era New Normal Berlandaskan Satya dan Dharma Pramuka” ini ditandai dengan pemukulan gong serta penyematan tanda peserta oleh Wakil Rektor, bertempat di Bumi Perkemahan Agro Wisata Tambang Ulang, Kota Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Tanah Laut yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga, Nahri Fauzi, Wakil Kwartir Daerah Kalimantan Selatan, Ketua Kwartir Cabang Kabupaten Tanah Laut, Dewan Kerja Daerah Kalimatan Selatan, Dewan Kerja Daerah Cabang Kalimantan Selatan, serta Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Tambang Ulang.

Event GELORA Penegak Ke-XI se Kalimatnan Selatan dan Tengah (Kalselteng) kali ini diikuti oleh 320 pelajar Pramuka tingkat SMA/MA/SMK/sederajat yang terdiri dari 17 sangga putra, 15 sangga putri dan bina damping sebanyak 32 orang.

Dr. Irfan Noor, M.Hum selaku pembina upacara dalam pembukaan tersebut dalam sambutannya menyampaikan bahwa event GELORA Penegek ini memiliki banyak manfaat bagi generasi muda untuk menambah kemampuan serta mendidik perserta untuk menjadi pemuda yang berjiwa kesatria, gagah berani, dan suka menolong sesama mahkluk.

“Melalui GELORA ini, diharapkan para peserta bisa menambah kepanduannya, sehingga nantinya gerakan pramuka dimasyarakat menjadi lebih optimal” ucap Alumni Universiti Utara Malaysia tersebut.

Lebih lanjut, walaupun setelah Pandemi COVID-19 ini jumlah peserta berkurang dari event- event GELORA sebelumnya, pihaknya melihat bahwa keikutsertaannya kontengen-kontengen yang datang saat ini menunjukkan semangat pramuka yang terus tumbuh.

“Alhamdulillah, itu juga menunjukkan komitmen kita bersama agar pramuka ini menjadi gerakan kepemudaan yang bisa berkontribusi kepada daerah bahkan bangsa sehingga cita-cita kemajuan bangsa Idonesia itu bisa diharapkan dari peran-peran oleh pramuka, mudah-mudahan gerakan pramuka yang ada dikalimantan ini diharapkan nanti bisa mengalami internasionalisasi dalam bentuk kegiatan maupun gerakannya” pungkasnya

(yad/rfn/ali