Mujiburrahman: Pedalaman adalah Target Dakwah UIN Antasari

UIN Antasari, Banjarmasin – Bertempat di halaman gedung Pusat Sumber Belajar (PSB), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Antasari melaksanakan upacara pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Semester Genap Tahun Akademik 2019-2020, Senin (19/02/2020).

Menurut Ketua LP2M UIN Antasari Banjarmasin, Dr.H. Yahya Mof, M.Pd. ada sebanyak 176 mahasiswa dan mahasiswi dari lima Fakultas yang siap diterjunkan untuk mengikuti program KKN Tematik dengan mengusung tema “UIN Antasari Mengabdi untuk Masyarakat Muslim Pedalaman” yang disebar pada 25 desa di 4 Kabupaten, yakni  Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Banjar, dan Tanah Bumbu mulai tanggal 20 Februari hingga 20 April mendatang.

Rektor UIN Antasari, Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA dalam sambutannya menyampaikan tiga hal penting yang perlu diperhatikan bagi seluruh peserta KKN Tematik terutama terkait dakwah di daerah pedalaman yang merupakan target dakwah UIN Antasari yaitu yang pertama keikhlasan. Dakwah merupakan tugas Rasulullah dan para mahasiswa diberikan kesempatan untuk malaksanakan tugas ini. Jelasnya kesulitan dan hambatan pasti ada dalam memenuhi tugas ini sebagai mana yang di alami oleh Rasulullah, Allah akan membantu dan mumudahkan tugas dakwah ini dengan keikhlasan. Yang kedua terkait dakwah adalah akhlak, akhlak lebih menentukan keberhasilan dakwah dari pada sekedar perkataan, tindakan seperti mengumpulkan dana untuk membantu orang yang kurang mampu lebih kuat maknanya dari pada sekedar ceramah. Dan yang ketiga adalah membangun komunikasi, komunikasi akan sangat membantu untuk menentukan program-program yang sesuai untuk masyarakat dan bisa dilakukan sesuai kemampuan.

Terakhir, Mujiburrahman mendokan untuk seluruh peserta KKN Tematik agar mendapatkan kelancaran, dilindungi, keselamatan dan beliau berharap dakwah Islam benar-benar tertanam di daerah penempatan mahasiswa yang ber-KKN.