MTQ Nasional Siap Digelar di Kalsel, UIN Antasari Sumbangkan Mahasiswa/i Berprestasi

Kafilah Kalsel saat menjalani pemusatan latihan di Jakarta (Foto-Izka Izzati untuk Humas)

Kafilah Kalsel untuk MTQ Nasional XXIX saat menjalani pemusatan latihan di Jakarta (Foto:Izka Izzati untuk Humas)

BANJARMASIN – Sebagai salah satu kampus keagamaan terbesar di Pulau Kalimantan, Universitas Islam Negeri Antasari turut menyumbangkan mahasiswa/mahasiswinya di ajang akbar Musabaqah Tilawatil Quran XXIX Tingkat Nasional di Provinsi Kalimantan Selatan.

Di antara yang terpilih mewakili Banua adalah Izka Izzati, Mahasiswi Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Angkatan 2020.

Ia sukses menembus seleksi ketat, usai beberapa kali melewati sejumlah tahapan pemusatan latihan bersama para juara lainnya.

“Alhamdulillah ulun terpilih insyaAllah,” ucap Izka merendah, saat dihubungi Humas via WhatsApp, Selasa (04/10/2022).

Total ada sekitar 9 kali pemusatan latihan yang dijalani para mahasiswa/i UIN Antasari ini dalam 10 bulan terakhir. Bahkan ada yang digelar di Jakarta, dibimbing langsung Qari Internasional Drs. K.H. Nasrullah Djamaluddin, Lc.

“Ini kalau cabang yang ulun ikuti banyak yang dipelajari, mulai dari bagaimana cara murajaah yang baik, teknik bertilawah yang baik, belajar variasi lagu tilawah yang baru, latihan pernafasan, sampai persiapan mental menuju mimbar juga diajarin,” urai Izka.

Tentunya di antara yang paling banyak menunjang keterampilannya, adalah kesempatan berkuliah di UIN Antasari, lewat lingkungan yang mendukung pengembangan bakatnya, hingga dorongan dari pihak kampus untuk mengikuti berbagai kompetisi.

“Apresiasi yang diberikan pihak UIN kepada mahasiswa/i yang berprestasi, juga menjadi salah satu sumber semangat untuk bisa meraih prestasi yang lebih baik ke depannya,” tegas Izka.

Putri daerah Kabupaten Barito Kuala ini akan turun di cabang lomba Hifzil Al-Qur’an Golongan 5 Juz Tilawah, yang siap digelar di Gedung Institut Agama Islam Darussalam Martapura, 13 sampai dengan 17 Oktober 2022.

Adapun mahasiswa/mahasiswi UIN Antasari lainnya yang mengikuti MTQ Nasional ini adalah Muhammad Rizqon (Prodi PAI) untuk Tilawah Golongan Dewasa, Muhammad Ilham Habibi (Prodi IAT) di Cabang Lomba Fahmil Quran, dan Achmad Fadillah (Prodi Manajemen Dakwah) untuk Qiraat Murottal Golongan Remaja.

Jajaran Pimpinan Universitas Islam Negeri Antasari turut menyambut syukur atas partisipasi dari para mahasiswa/i ini, karena memang banyak calon peserta hebat lainnya yang ikut seleksi. Sehingga semuanya diharapkan terus semangat dan percaya diri dalam meraih prestasi.

“Terus berusaha menjadi yang terbaik, sabar dalam menghadapi berbagai tantangan dan tawakal kepada Allah Swt. atas hasil akhir nantinya,” pesan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr. Irfan Noor, M.Hum. saat ditemui Humas di Masjid Kampus Abdurrahman Ismail.

Sedangkan dari kalangan dosen, Rektor Prof. Dr. H. Mujiburrahman, M.A. turut didaulat menjadi salah satu Hakim di Cabang Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an, dan berikutnya ada nama Guru Besar Prof. Dr. H. Abdullah Karim, M.Ag. di Cabang Lomba Tafsir Al-Qur’an.

Rencananya, pembukaan MTQ Nasional XXIX akan digelar di Kiram Park (Kabupaten Banjar) pada 10 Oktober ini, yang dijadwalkan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo, bersama 3.400 tamu undangan se-Indonesia.

(Fur/Ali)