Mahasiswa UIN Antasari Kuliah Kerja Nyata di 4 Provinsi

UIN Antasari, Banjarmasin – Bertempat di Auditorium Mastur Zahri UIN Antasari, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Antasari melepas 16 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama. Kamis (24/06/2021).
Ke 16 mahasiswa UIN Antasari ini akan ber-KKN di 4 provinsi, 2 orang mahasiswa di Sulawesi Tenggara, 2 orang mahasiswa di Sulawesi Utara, 2 orang mahasiswa di Papua dan 10 orang mahasiswa di Kalimantan Tengah.

Dalam KKN Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama tahun 2021, IAIN Kendari bersama UIN Sunan Ampel Surabaya bertindak sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan KKN yang akan berlangsung selama 45 hari dimulai 1 Juli 2021 sampai dengan 14 Agustus 2021.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. H. Hamdan, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Hj. Nida Mufidah, M.Pd., Kepala LP2M UIN Antasari Dr. H. Yahya Mof, M.Pd dan Ketua Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Dr. H. M. Abduh, M.Ag.
Kepala LP2M UIN Antasari, Yahya Mof dalam pengarahan dan laporannya mengucapkan selamat kepada para mahasiswa perserta KKN yang sudah lulus seleksi. Ia menjelaskan bahwa KKN Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama ini esensinya adalah gabungan dari sejumlah PTKIN se-Indonesia dan pesertanya juga varian (muslim dan non-muslim).

Peserta KKN di Sulawesi Tenggara akan berangkat pada 27 Juni 2021 yang akan didampingi oleh M. Abduh (supervisor) menuju IAIN Kendari, tanggal 28-30 Juni 2021 mengikuti pembekalan dan 1 Juli diberangkatkan ke lokasi KKN.

Sementara Peserta KKN di Kalimantan Tengah akan berangkat pada 2 Juli 2021 yang akan didampingi oleh Wakil Rekor Bidang Kemahasiswaaan dan Kerjasama Dr. Hj. Nida Mufidah., M.Pd (supervisor) menuju IAIN Palangkaraya, Pembekalan tanggal 3-5 Juli 2021 dan 6 Juli diberangkatkan ke lokasi KKN.

Kemudian peserta KKN di Sulawesi Utara akan berangkat pada 7 Juli 2021 yang akan didampingi oleh Wakil Rekor Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. H. Hamdan, M.Pd (supervisor) menuju IAIN Manado, Pembekalan tanggal 8-10 Juli 2021. Sedangkan untuk peserta KKN Papua ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

Adapun peserta KKN dari berbagai PTKIN yang akan ber-KKN di Banjarmasin (Kalimantan Selatan) akan melaksanakan pembekalan pada tanggal 13-15 Juli 2021 yang bertempat di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin dan tanggal 16 Juli 2021 akan diantar ke lokasi KKN di Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tapin.
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Nida Mufidah dalam sambutannya mengatakan kepada perserta KKN untuk menyiapkan segala hal nya, lahir dan batin. Mengingat masih dalam suasana pandemi COVID-19 tentu harus mengikuti dan menjalankan protokol kesehatan.

Sesuai dengan tema KKN Moderasi beragama, Nida mengatakan kepada para peserta bahwa lokasi KKN adalah lokasi minoritas muslim dan ini adalah tantangan bagi para peserta yang muslim untuk bisa menyesuaikan diri untuk bisa membuka lebar toleransi dalam beragama yang harus disadari sebagai kometmen untuk menjaga kesatuan NKRI.

Nida berpesan kepada pesarta untuk menjaga sholat 5 waktu dan akhlak terpuji, menjunjung tinggi visi misi UIN Antasari dan mempelajari bahasa masyarakat di lokasi KKN untuk mendekatkan diri secara emosi kepada masyarakat,. “Kita membawa nama UIN Antasari, tentu kitapun juga akan memberikan informasi yang baik dan akan memberikan kesan yang baik kepada masyarakat setempat” tutur Nida.
“Mulai sekarang, pada hari ini dan seterusnya catat apa yang anda kerjakan dan kerjakan apa yang anda catat, karena semua persiapan harus direncanakan dengan baik, semua program kerja anda laksanakan nanti di sana tentunya didokumentasikan dengan rapi” pungkasnya.