Mahasiswa/i UIN Antasari Dibekali Kemampuan Penelitian dan Publikasi Ilmiah

BANJARMASIN – Selain jajaran dosen, para mahasiswa Universitas Islam Negeri Antasari juga didorong mempublikasikan karyanya ke jurnal bereputasi, bahkan ada wacana dibebaskan skripsi jika menembus akreditasi Sinta 2.

Wacana ini diusulkan Dosen Universitas PGRI Madiun (Jawa Timur) Abdul Rozaq, M.Cs. saat menjadi narasumber di Pelatihan Penelitian dan Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa/i di lingkungan UIN Antasari Banjarmasin Tahap Pertama, Senin (13/06/2022).

Karena seperti diketahui, menembus jurnal tersebut bukan perkara mudah, apalagi diperiksa para asesor berkompeten di tingkat nasional.

Untuk itu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) terus berupaya meningkatkan kapasitas para mahasiswa, yang diharapkan bisa menghasilkan referensi umum bagi banyak orang.

“Kegiatan Ini salah satu yang kita mulai ya, selanjutnya kita akan melaksanakan secara rutin. Nanti ada narasumber dari luar kemudian dari internal juga, untuk kemudian bagaimana kita memperkaya dari apa yang sudah kita peroleh secara formal di mata kuliah mata kuliah masing-masing prodi,” jelas Ketua LP2M Dr. Muhammad Zainal Abidin, M.Ag., dalam sambutannya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Irfan Noor, M.Hum. turut mengapresiasi kinerja LP2M.

Sehingga dengan berbagai program yang telah dilalui, para mahasiswa terpilih akan disiapkan mengikuti agenda-agenda nasional, seperti di Olimpiade Agama, Sains, dan Riset (OASE).

“Pelatihan seperti ini sangat tepat, dalam rangka mempersiapkan diri kita untuk masuk ke event-event yang bagus,” tegas Dr. Irfan Noor, M.Hum. sebelum membuka acara.

Di kesempatan ini, sekitar 40 peserta perwakilan masing-masing program studi mendapatkan materi menarik terkait Netnografi (penelitian berdasarkan internet), sekaligus tip dan trik menembus jurnal bereputasi nasional.

(Fur/Ali/Yad)