Lewati Laga-Laga Seru, Kontingen SMAN 10 Banjarmasin Juara Umum Silat Santri Cup I

Laga seru santri cup i PSHT UIN Antasari

Saling tukar pukulan dan tendangan, di Cabang Lomba Tanding Putra (Foto:UKM-BD PSHT untuk Humas)

BANJARMASIN – Berakhir sudah Open Kejuaraan Pencak Silat Santri Cup I, yang berlangsung 20−23 Oktober 2022. Kegiatan ini digelar Unit Kegiatan Mahasiswa Bela diri (UKM-BD) Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) UIN Antasari, yang dipusatkan di Gedung Olahraga dan Seni Kampus 1.

Berbagai laga seru ditampilkan para pelajar se-Kalimantan Selatan, terutama usai penyisihan. Bahkan ada yang harus melewati babak tambahan, usai berbagi poin sama di sepanjang waktu normal.

Hasilnya, Kontingen SMAN 10 Banjarmasin keluar sebagai juara umum, setelah mendominasi poin di kategori putri.

Total ada 148 pelajar berpartisipasi, dari smp/sma sederajat, bersaing di 9 kelas dan 2 cabang lomba (tanding serta seni).

Kegiatan ini kemudian resmi ditutup Rektor Prof. Dr. H. Mujiburrahman, M.A., diwakili Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama (Karo AAKK) Drs. H. Rijalul Faqih, M.Si., yang mengapresiasi peran serta para siswa/siswi dari berbagai kabupaten/kota.

“Di mana UIN Antasari sebagai Lembaga Pendidikan Islam, turut mengakomodir bakat dan minat generasi muda, termasuk anak-anak yang menggeluti seni bela diri,” ucapnya ketika ditemui Humas di Aula Zafry Zamzam, Kamis (27/10).

Didampingi Ketua UKM-BD PSHT Muhammad Rifqi, Karo menyerahkan medali dan penghargaan kepada para pemenang, yang berjumlah 48 juara, plus satu untuk pesilat terbaik yang diraih Rahmadi dari SMKN 2 Banjarmasin, saat upacara penutupan, Ahad kemarin.

Rifqi pun berharap, ajang ini bisa menyalurkan bakat dan minat para pelajar untuk terus berkegiatan positif, apalagi UKMnya telah menunjukkan berbagai prestasi.

“Untuk prestasi, alhamdulillah setiap tahun selalu ada mengirimkan atlet keluar daerah kak, seperti tahun 2021, salah satu anggota kami mengikuti kejuaraan tingkat internasional, yakni Piala RM Koessoepangat Kejuaraan Dunia Setia Hati Terate, dan keluar sebagai juara 2 tanding kelas B putra atas nama Abdullah,” ucapnya saat dihubungi Humas via WhatsApp.

Rencananya, Kejuaraan terbuka yang digelar UKM-BD PSHT UIN Antasari ini akan rutin digelar 2 tahun sekali, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Santri.

(Fur/Rfn/Ali)

Para juara cabang lomba tanding Kelas A Putra (Foto:UKM-BD PSHT untuk Humas)
Para juara cabang lomba tanding Kelas A Putra (Foto:UKM-BD PSHT untuk Humas)
Karo AAK menyerahkan trofi juara umum ke Kontingen SMAN 10 Banjarmasin (Foto:UKM-BD untuk Humas)
Karo AAKK menyerahkan trofi juara umum ke Kontingen SMAN 10 Banjarmasin (Foto:UKM-BD untuk Humas)