Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Antasari Rencanakan Pembukaan Prodi Baru

 

Banjarmasin (06/08/2020) Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Antasari Banjarmasin berencana  untuk membuka prodi-prodi baru. Langkah awal pembukaan prodi-prodi baru itu dilakukan melalui survei untuk menghimpun harapan dan aspirasi stakeholder terkait prodi yang akan diprioritaskan untuk dibuka.

Berikut nama-nama calon prodi baru yang akan dibuka di Fakultas Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Antasari Banjarmasin

  1. Prodi Ilmu Hadis
  2. Prodi Sastra dan Bahasa Arab
  3. Prodi Sastra dan Bahasa Inggris
  4. Prodi Sejarah Peradaban Islam
  5. Prodi Antropologi
  6. Prodi Filologi
  7. Prodi Kajian Budaya

Dr. Irfan Noor, M. Hum selaku Dekan Fakultas Ushuluddin dan Humaniora saat ditemui secara terpisah oleh tim Humas mengungkapkan bahwa rencana pembukaan prodi-prodi baru di lingkup Fakultas Ushuluddin dan Humaniora didasari oleh keinginan untuk memajukan lembaga dan menguatkan integrasi keilmuan antara ilmu-ilmu keislaman dan modern.

“Rencana pembukaan prodi-prodi baru ini didasari oleh beberapa hal. Pertama, Transformasi IAIN Antasari menjadi UIN Antasari mengharuskan Fakultas Ushuluddin dan Humaniora untuk melakukan pengembangan kelembagaan, khususnya dalam ruang lingkup kajian lintas disiplin. Kedua, pengembangan prodi-prodi juga diharapkan makin memperkuat filosofi integrasi keilmuan yang menjadi misi utama transformasi IAIN Antasari menjadi UIN Antasari. Terakhir, kehadiran prodi-prodi dalam rumpun ilmu humaniora diharapkan akan memperkuat kajian-kajian ilmu-ilmu ushuluddin, baik melalui pendekatan-pendekatan ilmu sosial humaniora atau sebaliknya, sehingga ilmu-ilmu keushuluddinan akan selalu bersifat kontekstual dengan zamannya”, jelas Irfan.

Alumni program doktor Universitas Utara Malaysia itu juga mengungkapkan bahwa rencana pembukaan prodi-prodi baru itu diharapkan akan semakin meningkatkan daya tarik Fakultas Ushuluddin dan Humaniora dan kontribusinya bagi kemajuan dan kemaslahatan masyarakat.

#rdh-humas