Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin Gelar Workshop Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)

Kabupaten Banjar  – Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin menggelar workshop kurikulum dengan tema Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang bertempat di Aula Pertemuan Hotel Delima lantai 4 Km. 7 Kertak Hanyar, Senin (30/05/2022).

Kegiatan yang menghadirkan Yanuar Dwi Prasetyo, M.A, Ph.D (Koordinator Nasional Duta Kampus Merdeka, Kemendikbudristek) secara daring melalui zoom meeting sebagai narasumber ini bertujuan untuk membuka wawasan dalam menyusun kurikulum Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang ideal dan relevan di tengah arus globalisasi saat ini terutama kurikulum MBKM.

Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Dr. H. Hamdan M.Pd. dalam sambutannya Dekan menyampaikan FTK UIN Antasari berkometmen untuk menyusun dan mengembangkan  kurikulum MBKM  dan mensinkronisasikan kurikulum tersebut pada kegiatan-kegiatan yang bersifat ekstrakurikuler untuk mencapai visi dan misi UIN Antasari Banjarmasin.

“Dalam penyusunan kurikulum adalah sinkronisasi antara mata kuliah yang ada di prodi dengan  kegiatan- kegiatan kemahasiswaan sehingga terjadi sinkronisasi untuk mencapai visi misi UIN” tutur Hamdan.

Jelasnya lagi bahwa kurikulum yang baik itu ialah kurikulum yang bersifat dinamis, kurikulum yang mengikuti perkembangan zaman, mengikuti perkembangan teknologi informasi dan mengikuti perkembangan sosial masyarakat. FTK sebagai bagian lembaga pendidikan nasional juga akan mengakomodir jalannya kurukulum FTK sesuai perkembangan tersebut dan akan memberikan peluang bagi mahasiswa untuk memanfaatkan kurikulum MBKM.

Selain itu, sebagai lembaga yang menghasilkan guru, Hamdan mengingatkan kembali agar memperhatikan 4 kompetensi dasar seorang guru yang disiapkan sebagai bekal bagi para mahasiswa sesuai UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. FTK UIN Antasari terkait hal ini perlu masukan dari para stakeholder untuk membahas apa saja yang diperlukan dan nantinya akan diakomodir ke dalam pembaruan kurikulum sehingga lulusan FTK UIN Antasari bisa terserap sesuai dengan kebutuhan.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber Yanuar Dwi Prasetyo yang berisi tentang Esensi Kebijakan MBKM, Strategi Implementasi MBKM, Pengembangan Kurikulum Berbasis OBE, KKNI, dan SN-Dikti untuk mendukung Implementasi MBKM serta Penjaminan Mutu.

Workshop ini mendapatkan perhatian serta antusias oleh para peserta, tercatat ada 72 peserta yang terdaftar pada kegiatan ini baik dari internal kampus maupun eksternal. (Yad/Ali)