“BI Corner” di Perpustakaan IAIN Antasari

29 Agustus 2016
Deputi Gubernur Bank Indonesia Dr Perry Warjiyo meresmikan Pojok Baca Bank Indonesia (BI Corner), Jumat (26/08/2016) di Perpustakaan IAIN Antasari. Pilihan ini, tampaknya tidak berlebihan. Pasalnya, Perpustakaan IAIN Antasari adalah satu-satunya perpustakaan di lingkungan perguruan tinggi se-Kalimantan yang berhasil menyabet akreditasi dari Perpustakaan Nasional dengan predikat A.

Dalam kesempatan itu, Deputi Gubernur Bank Indonesia menyampaikan tiga hal yang berkaitan dengan hubungan yang selama ini terjalin baik antara BI dan IAIN Antasari.

IMG_4946Yang pertama, berbagi ilmu (knowledge sharing). Deputi mengaku senang berada di IAIN Antasari. Ia sendiri orang yang sangat akrab dengan dunia kampus. Bahkan hingga kini, ia masih mengajar di beberapa kampus, seperti UGM dan UI. Hebatnya lagi, di tengah kesibukannya, ia masih menyempatkan diri menulis buku. Yang terbaru, akunya, ia akan meluncurkan buku tentang bank sentral. “Oleh karena itu, kesempatan ini adalah kesempatan saling berbagi ilmu,” ujar Deputi.

Yang kedua, pemberian beasiswa. Menurut Deputi, beasiswa yang diberikan BI bukan sekadar beasiswa biasa. “Kami menyebut para penerima beasiswa BI sebagai Generasi Muda Baru (GenBI). Berbeda dengan yang lain, beasiswa kami berikan dalam satu tahun dan bertujuan agar penerima dapat meraih kesuksesan secara akademik dan leadership,” ungkap Deputi.

Deputi juga mendapat informasi, GenBI IAIN Antasari selalu yang terdepan dalam berkegiatan. “Kita berharap GenBI IAIN Antasari dapat mengikuti Jambore Nasional,” imbuh Deputi.

Yang ketiga, mendekatkan ilmu kami dengan kampus. “Dengan adanya BI Corner, kita berharap ilmu-ilmu tentang ke-bank sentral-an dapat diakses secara lebih cepat dan akurat,” pungkas Deputi.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Prof Dr H Syaifuddin Sabda MAg mengaku bersyukur atas adanya fasilitas BI Corner. Menurutnya, ini merupakan momentum untuk mengembangkan tradisi keilmuan dan budaya membaca ke tingkat yang lebih baik. (MHM).