Ditutup Parang Bungkul, Wakil Rektor Dr. Irfan Dorong Gelora Berskala Regional

Proses pencabutan parang bungkul di Upacara Penutupan Gelora XI (Foto-Humas-Achmad Magfur) - kompres

Upacara adat penutupan Gelora XI (Foto:Humas/Achmad Magfur)

TANAH LAUT – Usai sudah Gelar Lomba Pramuka (Gelora) XI Tingkat Penegak se-Kalimantan Selatan dan Tengah, yang ditutup lewat pencabutan senjata tajam khas Banjar, Ahad, 23 Oktober 2022 (Video:Humas/Achmad Magfur)

Pelepasan tanda peserta, simbolis penutupan Gelora XI (Foto-Humas-Achmad Magfur)
Sebelumnya, secara simbolis, Rektor Prof. Dr. H. Mujiburrahman melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr. Irfan Noor, M.Hum. resmi mengakhiri perkemahan ini, dengan melepas tanda peserta (Foto:Humas/Achmad Magfur)
Banyak siswa-siswi se-Kalselteng yang mengikuti Gelora XI Tahun 2022 (Foto-Humas Achmad Magfur)
Total ada 320 pelajar yang mengikutinya, terdiri dari 17 sangga putra, 15 sangga putri, dan 32 bina pendamping (Foto:Humas/Achmad Magfur)
Ketua Harian Majelis Pembimbing Gugus Depan Bjm 03-167 Dr. Irfan Noor, M.Hum. saat menyampaikan amanatnya (Foto-Humas-Achmad Magfur)
Untuk itu, Ketua Harian Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Gugus Depan Banjarmasin 03-167 dan 03-168 Pangkalan UIN Antasari mendorong acara ini bisa berlangsung lebih besar (Foto:Humas/Achmad Magfur)

“Ke depan, diharapkan juga bisa mengundang dari Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat, maupun Kalimantan Utara, sehingga bisa menjadi tingkat regional, layaknya ajang Borneo Undergraduate Academic Forum, karena yang nasional sudah ada di bawah pengelolaan Kementerian Agama,” pesan Dr. Irfan Noor, M.Hum. mewakili Ketua Majelis Pembimbing Prof. Dr. H. Mujiburrahman, M.A. dalam sambutannya.

Penyerahan Piala Juara Umum Putri Gelora XI yang diraih MAS Darul Istiqamah Barabai (Foto-Humas-Achmad Magfur)
Didampingi Pembina Pramuka Putri UIN Antasari Dr. Hj. Fauziah Hayati, M.H.I., Wakil Rektor kemudian menyerahkan 2 trofi juara umum putra dan putri, yang berhasil diraih Madrasah Aliah Swasta (MAS) Darul Istiqamah Barabai. (Foto:Humas/Achmad Magfur)
Penyerahan Trofi Juara Umum Putra Gelora XI yang diraih MAS Darul Istiqamah Barabai (Foto-Humas-Achmad Magfur)
(Foto:Humas/Achmad Magfur)

Para siswa pun mengaku berbangga bisa mengikuti kegiatan ini, yang dapat menunjang potensi mereka lewat berbagai cabang lomba.

Juara II Sangga Putra Lomba Short Movie Gelora XI oleh Muhammad Syakir Rusdiannoor (Foto-Humas-Achmad Magfur)
“Kalau ada rezekinya, semoga nantinya bisa masuk UIN Antasari. Karena selain dekat dengan rumah di Trikora, juga bisa bergabung lagi dengan organisasi kepramukaan,” harap Muhammad Syakir Rusdiannoor, Pimpinan Sangga Putra MAS Darul Istiqamah Barabai kepada Humas, usai menerimakan salah satu trofi pemenang lomba (Foto:Humas/Achmad Magfur)

Total ada 13 lomba yang digelar, seperti film pendek, perencanaan bisnis, hingga teknologi tepat guna, memperebutkan sekitar 144 piala, dengan tema “Eksistensi Jiwa Kepemimpinan Guna Menjadi Tunas Muda yang Kreatif, Inovatif, dan Kompetitif dalam Berkarya Mengembangkan Digitalisasi Menuju Era New Normal Berlandaskan Satya dan Darma Pramuka”, yang dilaksanakan Racana Pangeran Antasari-Dewi Saranti.

(Fur/Ali)

Penurunan bendera Gelora sebagai simbolis ditutupnya rangkaian perlombaan Tahun 2022 (Foto-Humas-Achmad Magfur)
Penurunan bendera Gelora sebagai simbolis ditutupnya rangkaian perlombaan Tahun 2022 (Foto:Humas/Achmad Magfur)
Para panitia dan pengurus Gerakan Pramuka UIN Antasari sedang mengikuti upacara penutupan Gelora XI (Foto-Humas-Achmad Magfur)
Para panitia dan pengurus Gerakan Pramuka UIN Antasari sedang mengikuti upacara penutupan Gelora XI (Foto:Humas/Achmad Magfur)
Bumi Perkemahan Agro Wisata Tambang Ulang Kabupaten Tanah Laut menjadi lokasi pelaksanaan Gelora XI (Foto-Humas-Achmad Magfur)
Bumi Perkemahan Agro Wisata Tambang Ulang Kabupaten Tanah Laut menjadi lokasi pelaksanaan Gelora XI (Foto:Humas/Achmad Magfur)
Para peserta pramuka saat mengikuti upacara penutupan Gelora XI (Foto-Humas-Achmad Magfur)
Para peserta pramuka saat mengikuti upacara penutupan Gelora XI (Foto:Humas/Achmad Magfur)

Penutupan Gelora XI oleh Wakil Rektor UIN Antasari Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr. Irfan Noor, M.Hum. (Video:Humas/Achmad Magfur)

Upacara adat penutupan Gelora XI Tahun 2022 (Foto-Humas-Achmad Magfur)
Usai upacara adat penutupan Gelora XI Tahun 2022 (Foto:Humas/Achmad Magfur)
Komando Pasukan Terampil MAS Darul Istiqamah (Foto-Humas-Achmad Magfur)
Komando Pasukan Terampil MAS Darul Istiqamah (Foto:Humas/Achmad Magfur)
Juara Harapan 1 Sangga Putri Lomba Teknologi Tepat Guna Gelora XI (Foto-Humas-Achmad Magfur)
Juara Harapan 1 Sangga Putri Lomba Teknologi Tepat Guna Gelora XI (Foto:Humas/Achmad Magfur)
Perkemahan juara Gelora XI dari MAS Darul Istiqamah Barabai (Foto-Humas-Achmad Magfur)
Perkemahan juara Gelora XI dari MAS Darul Istiqamah Barabai (Foto:Humas/Achmad Magfur)
Para pendamping peserta pramuka yang berteduh mengikuti upacara penutupan dari luar sisi lapangan (Foto-Humas-Achmad Magfur)
Para pendamping peserta pramuka yang berteduh menyaksikan upacara penutupan dari luar sisi lapangan (Foto:Humas/Achmad Magfur)