Datang dari Berbagai Penjuru Kalimantan, Rektor UIN Antasari Sambut Kedatangan Peserta BUAF ke-6

Dari kiri ke kanan - WR UINSI, WR UIN Antasari, Rektor UIN Antasari, Rektor IAIN Palangkaraya, WR IAIN Pontianak, dan WR IAIN Palangkaraya (Foto-Humas-Yulida Rifani - 800

Dari kiri ke kanan: Wakil Rektor UINSI Samarinda Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr. H. M. Abzar Duraiesa, M.Ag., WR UIN Antasari Bid. KK Dr. Irfan Noor, M.Hum, Rektor UIN Antasari Prof. Dr. H. Mujiburrahman, M.A., Rektor IAIN Palangkaraya Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag., WR IAIN Pontianak Bid. KK Dr. Abdul Mukti Ro’uf, M.A., dan WR IAIN Palangkaraya Bid. KK Dr. Sadiani, M.H. saat bersama membuka BUAF ke-6 secara simbolis (Foto:Humas/Yulida Rifani)

BANJARMASIN – Sekitar 79 mahasiswa dari berbagai penjuru Kalimantan, berdatangan ke Kampus 1 Universitas Islam Negeri Antasari. Banyak yang menempuh perjalanan darat seribuan kilometer, bahkan ada yang 2 hari baru sampai di Kalimantan Selatan.

Mereka adalah para peserta Forum Akademik Sarjana Borneo (BUAF) ke-6, dari 4 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Yakni UIN Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda (Kalimantan Timur), IAIN Palangkaraya (Kalimantan Tengah), IAIN Pontianak (Kalimantan Barat), dan tuan rumah di Banjarmasin.

Rektor UIN Antasari Prof. Dr. H. Mujiburrahman, M.A., mengaku terharu atas kedatangan para penuntut ilmu, yang rela jauh-jauh datang untuk mengikuti kegiatan ilmiah.

Rektor UIN Antasari Prof. Dr. H. Mujiburrahman, M.A. saat menyampaikan sambutan pembuka BUAF ke-6 (Foto-Humas-Yulida Rifani)
“Begitu kata syair Arab, kadar perjuangan itu menentukan kualitas apa yang anda dapatkan. Tapi enggak ada yang berenang ya? Kalau yang dari Surakarta datangnya pakai pesawat, terima kasih datang juga ke sini,” ucap Rektor saat sambutan pembuka acara di Auditorium Mastur Jahri, yang disambut tepuk tangan para tamu undangan, Selasa, 06 September 2022 (Foto:Humas/Yulida Rifani)

Ya, tidak hanya seputaran Kalimantan, ada satu peserta yang sengaja datang dari Jawa Tengah. Ia adalah Kiranda Okti Eka Putri, Mahasiswi Semester 7 Perbankan Syariah UIN Raden Mas Said.

Ia pun berbangga bisa ikut hadir di pertemuan ini, yang membawakan makalah terkait ekonomi dan bisnis Islam dalam menghadapi tantangan pandemi.

“Sangat luar biasa sih perasaannya, bisa jadi peserta terjauh juga, yang lain dalam Pulau Kalimantan, saya dari luar Kalimantan sendiri,” ungkap Kiranda saat diwawancarai Humas di sela acara.

Ia pun berani datang ke sini untuk menambah pengalaman di bidang penulisan, apalagi banyak ketemu rekan sesama tujuan, hingga mendapatkan ilmu dari para pemateri berpengalaman.

Ya, karena narasumber yang didatangkan ada yang berasal dari luar negeri, termasuk dosen dalam negeri yang telah berkapasitas internasional.

Mereka adalah Dr. Norshahril Saat, Ph.D. (Institut Yusof Ishak Singapura), Dr. Aiza Maslan (Universiti Sains Malaysia), Prof. Dr. Masdar Hilmy, M.A. (UIN Sunan Ampel Surabaya), dan dari UIN Antasari ada Ahmad Muhajir, Ph.D. serta M. Iqbal, Ph.D.

Selanjutnya, selama 2 hari, diadakan konferensi terhadap presentasi 79 makalah hasil seleksi 102 karya yang masuk. Rinciannya 22 dari IAIN Pontianak, 14 dari IAIN Palangkaraya, 25 dari UIN Antasari, dan 17 dari UIN Sultan Aji Muhammad Idris.

Wakil Rektor UIN Antasari Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr. Irfan Noor, M.Hum. saat menyampaikan laporan panitia (Foto-Humas-Yulida Rifani)
“Gairah ilmiah anak-anak mahasiswa ini yang tercermin dari makalah-makalah yang mereka tulis, adalah bukti bahwa Covid-19 bukanlah halangan, bahkan justru menjadi peluang bagi mereka untuk meneliti, menulis, dan menerbitkan karya ilmiah mereka,” ucap Wakil Rektor UIN Antasari Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr. Irfan Noor, M.Hum., saat menyampaikan laporan panitia (Foto:Humas/Yulida Rifani)

Seperti diketahui, BUAF lahir dari gagasan petinggi PTKIN di Kalimantan, yang salah satunya adalah Prof. Dr. H. Mujiburrahman, M.A., yang di kala itu menjabat Wakil Rektor IAIN Antasari.

Kemudian, BUAF digelar bergiliran di 4 PTKIN sejak 2016, dan kembali dilaksanakan usai terdampak pandemi di 2020, yang di 2022 ini mengambil tema “Agama dan Ketahanan: Krisis Covid-19 dan Masa Depan”.

(Fur/Yad/Ali)

Peserta dari IAIN Palangkaraya sedang bersiap mengikuti acara (Foto-Humas-Yulida Rifani)
Peserta dari IAIN Palangkaraya sedang bersiap mengikuti acara (Foto:Humas/Yulida Rifani)
Perwakilan Putri Antasari Siti Salwa saat menjadi pemandu acara (Foto-Humas-Yulida Rifani)
Perwakilan Putri Antasari Siti Salwa saat menjadi pemandu acara (Foto:Humas/Yulida Rifani)
Perwakilan peserta dari UIN Antasari di BUAF ke-6 (Foto-Humas-Yulida Rifani)
Perwakilan peserta dari UIN Antasari di BUAF ke-6 (Foto:Humas/Yulida Rifani)
Penampilan tarian khas daerah Banjar di BUAF ke-6 (Foto-Humas-Yulida Rifani)
Penampilan tarian khas daerah Banjar di BUAF ke-6 (Foto:Humas/Yulida Rifani)
Perwakilan civitas academica IAIN Palangkaraya di BUAF ke-6 (Foto-Humas-Yulida Rifani)
Perwakilan civitas academica IAIN Palangkaraya di BUAF ke-6 (Foto:Humas/Yulida Rifani)
Perwakilan mahasiswa UIN Antasari saat mengikuti BUAF ke-6 (Foto-Humas-Hadi Rustami
Perwakilan mahasiswi UIN Antasari saat mengikuti BUAF ke-6 (Foto:Humas/Hadi Rustami
Perwakilan mahasiswa UIN Antasari saat mengikuti BUAF ke-6 (Foto-Humas-Yulida Rifani)
Perwakilan mahasiswa UIN Antasari saat mengikuti BUAF ke-6 (Foto:Humas/Yulida Rifani)
Penyerahan kenang-kenangan BUAF ke-6 kepada Dr. H. Muhammad Abzar Duraesa, M.Ag (WR UIN Samarinda) oleh Rektor UIN Antasari (Foto-Humas-Yulida Rifani)
Penyerahan kenang-kenangan BUAF ke-6 kepada para pimpinan PTKIN se-Kalimantan, salah satunya kepada WR UINSI Bid. KK Dr. H. Muhammad Abzar Duraesa, M.Ag oleh Rektor UIN Antasari (Foto:Humas/Yulida Rifani)
Simbolis peresmian peserta BUAF ke-6 oleh Wakil Rektor UIN Antasari Dr. Irfan Noor, M.Hum. (Foto-Humas-Yulida Rifani)
Simbolis peresmian peserta BUAF ke-6 oleh Wakil Rektor UIN Antasari Bid. KK Dr. Irfan Noor, M.Hum. (Foto:Humas/Yulida Rifani)
Dr. Aiza Maslan dari Universiti Sains Malaysia saat menjadi Narasumber di BUAF ke-6 (Foto-Humas-Hadi Rustami)
Dr. Aiza Maslan dari Universiti Sains Malaysia saat menjadi narasumber di BUAF ke-6 (Foto:Humas/Hadi Rustami)
Para peserta dari mahasiswi IAIN Palangkaraya antusias mengikuti BUAF ke-6 (Foto-Humas-Yulida Rifani)
Para peserta dari mahasiswi IAIN Palangkaraya antusias mengikuti BUAF ke-6 (Foto:Humas/Yulida Rifani)
Kepala LP2M Dr. Zainal Abidin, M.Ag. (kiri) dan Ketua UPKK Dr. Taufik Hidayat, M.Psi., Psikolog saat menghadiri Pembukaan BUAF ke-6 (Foto-Humas-Yulida Rifani)
Kepala LP2M Dr. Zainal Abidin, M.Ag. (kiri) dan Ketua UPKK Dr. Taufik Hidayat, M.Psi., Psikolog saat menghadiri Pembukaan BUAF ke-6 (Foto:Humas/Yulida Rifani)
Karo Administrasi Umum, Perencanaan, Keuangan, dan Kepegawaian UIN Antasari Dr. H. Adnan Nota, M.A. (kiri) - Foto-Humas-Hadi Rustami
(Kiri) Karo Administrasi Umum, Perencanaan, Keuangan, dan Kepegawaian UIN Antasari Dr. H. Adnan Nota, M.A. (Foto:Humas/Hadi Rustami
Karo Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama Drs. H. Rijalul Faqih, M.Si. saat menghadiri pembukaan BUAF ke-6 (Foto-Humas-Yulida Rifani)
Karo Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama Drs. H. Rijalul Faqih, M.Si. saat menghadiri pembukaan BUAF ke-6 (Foto:Humas/Yulida Rifani)